Analisis kelayakan isi buku teks siswa pendidikan agama Islam dan budi pekerti SMA/MA kelas X kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014

Lubab, Manarul (2015) Analisis kelayakan isi buku teks siswa pendidikan agama Islam dan budi pekerti SMA/MA kelas X kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113111061.pdf]
Preview
Text
113111061.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan analisis kelayakan isi buku teks siswa Pendidian Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA kelas X kurikulum 2013 terbitan KEMENDIKBUD adalah untuk mengetahui ketepatan dan kesesuaian dalam penyusunan buku teks siswa kurikulum 2013 berdasarkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Analisis ini dilatarbelakangi karena banyak sekali buku-buku pelajaran yang dijual di pasaran dan sangat mudah untuk ditemukan. Banyaknya buku teks yang beredar tidak menutup kemungkinan beragam pula buku yang beredar baik dari segi pengemasan, isi dan penyajian materi.
Metode dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penulisan yang digunakan adalah penulisan analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi buku teks siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan kesesuaiannya dengan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran tersebut. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang digunakan oleh pendidik serta peserta didik kelas X SMA/MA.
Dalam penelitian ini, pedoman dokumentasi yang digunakan berdasarkan dimensi spiritual, dimensi sosial, dimensi pengetahuan dan dimensi keterampilan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik skoring. Teknik ini dilakukan dengan memberi tanda check list pada lembar penskoran sesuai kriteria penilaian. Adapun teknik analisis data berikutnya adalah menghitung persentase skor dari setiap aspek yang dinilai.
Hasil analisis pada buku teks siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA kelas X kurikulum 2013 terbitan KEMENDIKBUD adalah sebagai berikut: (1) Kelayakan pada dimensi spiritual adalah sebesar 91.6% atau pada kategori sangat baik. (2) Kelayakan pada dimensi Sosial adalah sebesar 87% atau pada kategori sangat baik. (3) Kelayakan pada dimensi pengetahuan adalah sebesar 96% atau pada kategori sangat baik. (4) Kelayakan pada dimensi keterampilan adalah sebesar 88% atau pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Mursid, M. Ag.; Fihris, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Budi pekerti; Kurikulum 2013
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Nov 2015 08:46
Last Modified: 23 Nov 2015 08:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4682

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics