Studi komparasi antara partisipasi belajar PAI siswa saat menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum 2006 di SMP Hasanuddin 7 Semarang tahun ajaran 2014/2015
Arifudin, Muhammad (2015) Studi komparasi antara partisipasi belajar PAI siswa saat menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum 2006 di SMP Hasanuddin 7 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisngo.
113111065.pdf - Accepted Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang partisipasi belajar PAI siswa saat menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum 2006. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perubahan kurikulum pada awal semester genap yang mengakibatkan penggunaan dua kurikulum berbeda pada tahun ajaran 2014/2015. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana partisipasi belajar PAI siswa saat menggunakan kurikulum 2013 di SMP Hasanuddin 7 Semarang? (2) Bagaimana partisipasi belajar PAI siswa saat menggunakan kurikulum 2006 di SMP Hasanuddin 7 Semarang? (3) Apakah ada perbedaan antara partisipasi belajar PAI siswa saat menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum 2006 di SMP Hasanuddin 7 Semarang?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP Hasanuddin 7 Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Populasinya adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Hasanuddin 7 Semarang tahun ajaran 2014/2015.
Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi belajar PAI siswa saat menggunakan kurikulum 2013 di SMP Hasanuddin 7 Semarang tahun ajaran 2014/2015 mempunyai nilai rata-rata 50,44 dari nilai rata-rata maksimal 60 yang berada dalam interval 50-59 dengan kategori sangat baik. (2) Partisipasi belajar PAI siswa saat menggunakan kurikulum 2006 di SMP Hasanuddin 7 Semarang tahun ajaran 2014/2015 mempunyai nilai rata-rata 47,5 dari nilai rata-rata maksimal 60 yang berada dalam interval 40-49 dengan kategori baik. (3) Ada perbedaan yang signifikan antara partisipasi belajar PAI siswa saat menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum 2006 di SMP Hasanuddin 7 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis statistik bahwa nilai t sebesar 4,610 berada lebih besar daripada nilai t yang ada dalam tabel baik pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,973 maupun pada taraf signifikansi 1% yaitu 2,602 dengan dk 190.
Dengan dk sebesar 190 diperoleh t tabel pada taraf signifikansi 5% = 1,973 dan pada taraf signifikansi 1% = 2,602 atau dapat ditulis, dalam taraf signifikansi 5% thitung 4,610 > ttabel 1,973 dan taraf signifikansi 1% thitung 4,610 > ttabel 2,602. Jadi hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan yaitu ada perbedaan yang signifikan, diterima. Sedangkan hipotesis nihil (Ho) yang mengatakan tidak ada perbedaan yang signifikan, ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Ismail, M. Ag.; Dr. H. Abdul Wahib, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi belajar; Kurikulum 2013; Kurikulum 2006; Minat belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 08:48 |
Last Modified: | 23 Nov 2015 08:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4683 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year