Pengaruh kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs Matholi’ul Falah Langgenharjo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati tahun ajaran 2014/2015
Riani, Evi (2015) Pengaruh kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs Matholi’ul Falah Langgenharjo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113111107.pdf - Accepted Version
Download (12MB) | Preview
Abstract
Kemampuan baca tulis Al-Qur’an merupakan pengetahuan dasar untuk lebih bisa memahami dan menerapkan bacaan-bacaan yang ada dalam Al-Qur’an. Karena syariat Islam sumbernya adalah dari Al-Qur’an dan Hadits yang keduanya menggunakan bahasa Arab. Al-Qur’an dan Hadits ini dipelajari dalam sebuah mata pelajaran yaitu Qur’an Hadits. Pengetahuan baca tulis Al-Qur’an ini diharapkan dapat mendukung pencapaian target pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits tersebut.
Dalam penelitian ini, penulis memaparkan 3 permasalahan antara lain: Bagaimana kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di MTs Matholi’ul Falah Langgenharjo, bagaimana hasil belajar Qur’an Hadits di MTs Matholi’ul Falah Langgenharjo dan bagaimana pengaruh kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs Matholi’ull Falah Langgenharjo.
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu “ingin mengetahui apakah kemampuan baca tulis Al-Qur’an mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Qur’an hadits siswa kelas VII MTs Matholi’ul Falah Langgenharjo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2014/2015.”
Adapun metode penelitian ini memerlukan beberapa hal yaitu desain penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, variabel dalam skripsi ini ada 2 yaitu kemampuan baca tulis Al-Qur’an dan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, metode penelitian ini juga memerlukan populasi penelitian dengan sampel penelitian sebagian siswa kelas VII MTs Matholi’ul Falah Langgenharjo yang berjumlah 43 siswa. Kemudian sumber data yang terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Di samping itu penulis juga menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari metode dokumentasi, metode tes. Kemudian mengolah data yang telah di dapat dengan menggunakan rumus product moment dan regresi sederhana sehingga dapat diketahui hasil dari penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan baca tulis Al-Qur’an di MTs Matholi’ul Falah Langgenharjo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2014/2015 khususnya pada kelas VII masuk kategori cukup baik. Hal ini di buktikan dengan hasil tes kemampuan baca tulis Al-Qur’an sebagai variabel (X) dengan perhitungan nilai rata-rata sebesar 66,4 dan standar deviasi sebesar 9,14. Sementara Hasil belajar pada mata pelajaran Qur’an hadits di MTs Matholi’ul Falah Langgenharjo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2014/2015 pada kelas VII yang diperoleh hasil penelitian perhitungan nilai rata-rata dari variabel (Y) yaitu hasil belajar sebesar 66,5 dan standar deviasi sebesar 8,11, hal ini masuk dalam kategori cukup baik
Untuk mengetahui pengaruh kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs Matholi’ul Falah Langgenharjo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati tahun ajaran 2014/2015, peneliti menggunakan uji korelasi product moment dan uji regresi. Dari perhitungan uji korelasi product moment, diperoleh indeks korelasi sebesar r_xy= 0,839. Setelah diperoleh indeks korelasi, kemudian dikonsultasikan dengan r_tabel pada taraf signifikansi 5% dan 1 % dengan asumsi, jika r_xy> r_tabel (5%) (1%) berarti signifikan artinya hipotesis diterima. Karena r_xy (0,839)> r_tabel (0,301) dan (0,389) pada taraf signifikan 5% dan 1%, berarti signifikan artinya hipotesis diterima. Jika di interpretasikan pada tabel skala penafsiran koefisien korelasi, maka tingkat hubungan antara Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Siswa Kelas VII MTs Matholi’ul Falah Langgenharjo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2014/2015 adalah sangat kuat. Adapun perhitungan Koefisien Determinan bahwa variabel X (Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an) memberi kontribusi atau sumbangan 70,39% terhadap variabel Y (Hasil Belajar Qur’an Hadits).
Dari hasil yang diperoleh dari perhitungan uji regresi, maka diperoleh F_hitung sebesar 97,86, jika F_hitung≥ F_tabel maka tolak Ho berarti signifikan. Karena 97,86≥(4,07)(7,28), maka dapat disimpulkan bahwa data bersifat signifikan, baik taraf signifikan 5% ataupun 1%. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Siswa Kelas VII MTs Matholi’ul Falah Langgenharjo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pemimbing: Drs. H. Karnadi, M. Pd.; Drs. H. Muslam, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Baca tulis Al-Qur’an; Hasil belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 24 Nov 2015 05:04 |
Last Modified: | 24 Nov 2015 05:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4692 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year