Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dengan menggunakan CD interaktif dan power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X SMA Islam Sultan Fatah Wedung

Syarifah, Mailisy (2015) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dengan menggunakan CD interaktif dan power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X SMA Islam Sultan Fatah Wedung. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113111122.pdf]
Preview
Text
113111122.pdf - Accepted Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang permasalahan peserta didik yang merasa kesulitan dalam memahami mata pelajaran PAI yang dikarenakan pembelajarannya yang kurang bervariasi, sehingga nilai hasil belajar kognitif peserta didik belum maksimal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: adakah pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan CD interaktif dan power point terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan zakat, haji dan wakaf pada mata pelajaran PAI kelas X SMA Islam Sultan Fatah Wedung tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) metode dokumentasi berupa data nilai hasil belajar peserta didik pada semester sebelumnya (2) metode tes melalui post test yang dilakukan setelah peneliti memberikan treatment dengan penggunaan model kooperatif tipe NHT menggunakan CD interaktif dan power point pada saat pembelajaran berlangsung (3) metode observasi digunakan untuk memperoleh data serta keterangan tentang keadaan dan fasilitas yang ada .
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan teknik analisis uji t. Setelah data diperoleh, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data awal dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan perhitungan t-tes diperoleh t hitung sebesar 4,163, dengan taraf signifikansi () 5 % dan peluang 1 – ½α dengan t tabel sebesar 1,996. Karena -t(1 – ½α) > thitung > t (1 – ½α) yaitu -1,996 > 4,163 > 1,996 berarti rata-rata hasil belajar PAI siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan CD interaktif lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan power point. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen adalah 87,2973 dan kelas kontrol adalah 80,1316, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan CD interaktif mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar siswa materi pokok Zakat, Haji dan Wakaf dari pada power point.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Ibnu Hadjar, M. Ed.; Abdul Kholiq, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Media pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran intrektif; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Nov 2015 05:08
Last Modified: 24 Nov 2015 05:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4695

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics