Penerapan model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dikombinasikan dengan media kartu masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP PGRI 5 Semarang pada materi sistem persamaan linear dua variabel tahun pelajaran 2014/2015
Sa'adah, Durrotus (2015) Penerapan model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dikombinasikan dengan media kartu masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP PGRI 5 Semarang pada materi sistem persamaan linear dua variabel tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
093511012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi selama ini terjadi dalam proses pembelajaran matematika di kelas VIII SMP PGRI 5 Semarang yang masih banyak menggunakan pola latihan, tanya jawab dan ceramah yang kesemuanya lebih mengarah pada keaktifan guru dibanding siswa. Model cooperative learning tipe TAI dipandang mampu memberikan solusi pada permasalahan di atas karena model ini di desain khusus untuk pelajaran matematika dengan mengkombinasikan keunggulan model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran individual yang dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar secara individual.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana penerapan model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dikombinasikan dengan media kartu masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP PGRI 5 Semarang tahun pelajaran 2014/2015?
Apakah penerapan model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dikombinasikan dengan kartu masalah dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP PGRI 5 Semarang tahun pelajaran 2014/2015?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dikombinasikan dengan media kartu masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP PGRI 5 Semarang tahun pelajaran 2014/2015 dilakukan dengan: Guru menyampaikan tujuan, motivasi dan apersepsi. Guru memberikan kartu masalah kepada setiap siswa untuk dikerjakan secara individu, kemudian guru membagi siswa dalam beberapa kelompok secara heterogen untuk mendiskusikan hasil pekerjaan individu, hasil diskusi ditulis dan dipresentasikan dalam kelas. Guru membimbing, menilai dan memberikan apresiasi.
Penerapan model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dikombinasikan dengan kartu masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP PGRI 5 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan hasil belajar tiap siklusnya dimana pada siklus I nilai rata-rata kelas 73,33 dengan ketuntasan klasikal 62,5% dan mengalami kenaikan pada siklus II yaitu rata-rata kelas 78,65 dengan ketuntasan klasikal naik menjadi 87,5%. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan berhasil dan sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning; Metode pembelajaran; Hasil belajar; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 25 Nov 2015 06:08 |
Last Modified: | 22 May 2021 07:21 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4707 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year