Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan dalil Pythagoras dengan pendekatan problem solving bagi peserta didik kelas VIII E semester I MTs Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara tahun pelajaran 2014/2015
Saifulah, Saifulah (2015) Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan dalil Pythagoras dengan pendekatan problem solving bagi peserta didik kelas VIII E semester I MTs Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
113511089.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan dalil pythagoras dengan pendekatan problem solving bagi peserta didik kelas VIII. Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kelas VIII E kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar matematika kurang dari KKM. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik tidak berani bertanya mengenai materi yang belum dipahami, bermain sendiri, tidur, berbicara dengan teman sebelahnya, tidak berani mengerjakan soal di depan, belum dapat menentukan sisi miring segitiga siku - siku, belum dapat membuat gambar sketsa dari soal cerita, dan belum dapat menyelesaikan materi soal cerita pokok bahasan dalil Pythagoras
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah : apakah penerapan Problem Solving pada materi soal cerita pokok bahasan dalil Pythagoras dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VIII E semester I MTs. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara tahun pelajaran 2014/2015? .Keberhasilan pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik di setiap siklusnya.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII E MTs Matholi'ul Huda Bugel Kedung Jepara dengan jumlah 25 peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode dokumen, observasi, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif serta menghitung rata-rata nilai, persentase keaktifan dan ketuntasan belajar klasikal peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pra siklus keaktifan peserta didik 38,60%, pada siklus I meningkat menjadi 68,57% dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 76%. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari pra siklus dengan nilai rata-rata 55,73 dengan ketuntasan belajar klasikal 38,46%, meningkat menjadi 70,2 dengan ketuntasan belajar klasikal 68% pada siklus I, dan pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 76,8 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 80%.
Pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar, untuk itu pembelajaran tersebut bisa digunakan dalam strategi menyampaikan materi ajar sehingga peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran Problem Solving dapat menjadi motivasi, inovasi dan variasi dalam pembelajaran. Selanjutnya para guru dapat lebih berkreasi dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Matematika; Hasil belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 25 Nov 2015 06:44 |
Last Modified: | 22 May 2021 07:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4714 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year