Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi garis dan sudut kelas VII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak tahun pelajaran 2014/2015
Khikmah, Aniswatul (2015) Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi garis dan sudut kelas VII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
113511039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas VII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung diantaranya: (1) Siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, (2) Kemampuan analisis siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih rendah, (3) Siswa kurang tanggap pada lingkungan, (4) Siswa belum mampu memahami cara berfikir dirinya, (5) Siswa tidak berperan aktif dalam berdiskusi, (6) siswa takut dalam memberikan argumennya, (7) Ketika guru mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan umpan balik siswa cenderung diam, (8) Apabila guru memberikan kesempatan bertanya siswa tidak memanfaatkan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui keefektivan model Project Based Learning terhadap keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung pada materi garis dan sudut tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan teknik analisis uji-t. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning, sedangkan variabel terikat penelitian adalah keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberikan perlakuan berbeda antara kelas kontrol dan eksperimen, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model Project Based Learning sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data keaktifan siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data umum sekolah dan data siswa beserta nilai ulangan semester gasal. Data yang obyektif terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument meliputi pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda.
Data hasil penelitian yang telah terkumpul, dianalisis menggunakan teknik analisis statistik parametris. Karena didapatkan dari analisis bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t. berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh sedangkan . Karena berarti rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model Project Based Learning lebih tinggi disbanding dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional, hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 73,7019 sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 64,1442. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Project Based Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung tahun ajaran 2014/2015.
Untuk observasi keaktifan siswa dari setiap pertemuan diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 448,67 dengan prosentase keaktifan 72% (Baik) sedangkan skor rata-rata kelas kontrol 290 dengan prosentase keaktifan 45,33% (Cukup Baik). Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Project Based Learning efektif terhadap keaktifan siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; kemampuan berpikir kritis; Project based learning; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 25 Nov 2015 10:07 |
Last Modified: | 22 May 2021 07:02 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4731 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year