Studi komparasi hasil belajar dengan model pembelajaran Time Token Arend 1998 dan model pembelajaran Index Card Match kelas VIII materi pokok garis singgung lingkaran di SMP Negeri 18 Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Sholihah, Devita Ni'matus (2015) Studi komparasi hasil belajar dengan model pembelajaran Time Token Arend 1998 dan model pembelajaran Index Card Match kelas VIII materi pokok garis singgung lingkaran di SMP Negeri 18 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511041_Devita_Ni'matus_Sholihah]
Preview
Text (SKRIPSI_113511041_Devita_Ni'matus_Sholihah)
113511041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Time Token Arend 1998 dan model pembelajaran Index Card Match di SMP Negerin 18 Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Komparasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah membandingkan hasil belajar materi garis singgung lingkaran antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Time Token Arend 1998 dan model pembelajaran Index Card Match. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-D sebagai sampel penelitian yang menggunakan model pembelajaran Time Token Arend 1998 dan kelas VIII-E sebagai sampel penelitian yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match.
Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nilai ulangan akhir semester gasal kelas VIII untuk analisis data awal sebelum mengambil sampel. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar materi garis singgung lingkaran. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan uji statistik perbandingan rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran Time Token Arend 1998 dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match dengan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Time Token Arend 1998 pada pembelajaran Matematika kelas VIII SMP Negeri 18 Semarang materi garis singgung lingkaran diperoleh rata-rata kelas yaitu 81,594. Sedangkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match pada pembelajaran Matematika kelas VIII SMP Negeri 18 Semarang materi garis singgung lingkaran diperoleh rata-rata kelas yaitu 75,844.
Dari kedua hasil belajar tersebut dilakukan uji perbandingan rata-rata pada tahap akhir menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,5576 dan ttabel = 1,998972 pada taraf signifikansi (α) 5% dan dk = (n1+n2-2) = 62. Diketahui bahwa thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Time Token Arend 1998 lebih baik dari hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Time Token Arend; Garis Singgung Lingkaran; Index Card Match
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Nov 2015 00:19
Last Modified: 22 May 2021 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4732

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics