Efektifitas penggunaan model pembelajaran Missourimathematics Project untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII semester gasal pada materi fungsi di SMP N 3 Pabelan 2014/2015

Munafiah, Siti (2015) Efektifitas penggunaan model pembelajaran Missourimathematics Project untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII semester gasal pada materi fungsi di SMP N 3 Pabelan 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511061_Siti_Munafiah]
Preview
Text (SKRIPSI_113511061_Siti_Munafiah)
113511061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII semester gasal pada materi fungsi SMP N 3 Pabelan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMP N 3 Pabelan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII, pada pengambilan sampel digunakan metode simple random sampling, diperoleh kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol, yang masing-masing kelas memiliki jumlah peserta didik sebanyak 24 anak.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode: 1) Observasi digunakan untuk memperoleh latar belakang masalah; 2) Dokumentasi digunakan untuk mengambil data nama peserta didik; 3) Tes digunakan untuk memperoleh data aspek kognitif peserta didik. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes subjektif yang berbentuk esai dan mengandung aspek kemampuan berpikir kritis yang meliputi ketrampilan menganalisis, melakukan sintesis, memahami dan memecahkan masalah, menyimpulkan dan ketrampilan mengevaluasi.
Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu di analisis data tahap awal dengan uji normalitas, homogenitas dan perbedaan dua rata-rata. Dari hasil penelitian diperoleh x_hitung^2=3,1813 untuk kelompok ekperimen dan diperoleh x_hitung^2=6,8286 untuk kelompok kontrol dengan α=5% diperoleh nilai x_tabel^2=7,81, karena x_hitung^2<x_tabel^2 yang berarti kedua kelompok berdistribusi normal. Sedangkan untuk F_hitung=1,1802 dengan 〖F 〗_tabel=2,01, karena F_hitung<F_tabel yang berarti kedua kelompok mempunyai varians yang tidak berbeda/homogen. Untuk uji perbedaan dua rata-rata diperoleh〖 t〗_hitung=0,458 dengan 〖 t〗_tabel=1,684, karena 〖 t〗_hitung<〖 t〗_tabel maka dapat disimpulkan perbedaan rata-rata kedua kelas tidak terlalu signifikan. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh 〖 t〗_hitung=7,641 dan 〖 t〗_tabel=1,684 dengan taraf signifikansi α=5%,dk=n_1+n_2-2=24+24-2=46, peluang 1-α=1-0,05=0.95, Ha di terima apabila t_hitung≥t_(1-α)(n1+n2-2) . Berdasarkan data tersebut dapat diketahui Ha diterima, artinya kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII semester gasal pada materi fungsi di SMP N 3 Pabelan 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Missourimathematics Project; Berpikir kritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Nov 2015 00:26
Last Modified: 22 May 2021 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4736

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics