Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi dengan metode group investigation materi gerak pada tumbuhan siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Jepara tahun 2014/2015

Hadi, Muhammad Sholikul (2015) Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi dengan metode group investigation materi gerak pada tumbuhan siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Jepara tahun 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113811068.pdf]
Preview
Text
113811068.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Upaya Penerapan Model Pembelajaran dengan Metode Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Siswa Kelas VIII M.Ts. Miftahul Ulum Jepara Tahun Pembelajaran 2014/2015.Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Biologi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : Bagaimana proses implementasi model pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar biologi materi pokok gerak pada tumbuhan siswa kelas VIII M.Ts. Miftahul Ulum Jepara?, Apakah model pembelajaran Group Investigation efektif terhadap peningkatan aktivitas belajar biologi materi pokok gerak pada tumbuhan siswa kelas VIII M.Ts. Miftahul Ulum Jepara?
Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah : bahwa Implementasi model pembelajaran Group Investigation yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII M.Ts. Miftahul Ulum Jepara, dan untuk mengetahui model pembelajaran Group Investigation efektif terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII M.Ts. Miftahul Ulum Jepara.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan siklus penelitian. Rinciannya yaitu siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII M.Ts. Sukosono Kedung Jepara TP.2014/2015 sebanyak 44 siswa. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi aktivitas kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar IPA dalam materi gerak pada tumbuhan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I nilai rata-rata 68 (68%), siklus II nilai rata-rata 83 (93%). Selain itu dalam observasi (pengamatan) yang dilakukan peneliti dan dibantu oleh observer (guru mapel IPA), pada perhatian siswa mengalami peningkatan dari siklus I, dan siklus II yaitu: pada siklus I jumlah siswa yang Mendengarkan penjelasan guru sebanyak 38 anak dengan persentase 86%, Mengamati objek permasalahan diskusi sebanyak 36 siswa dengan persentase 82%, Mengerjakan LKS sebanyak 41 dengan persentase 91 %, Berani bertanya sebanyak 35 (80%) , Menjawab pertanyan secara individu sebanyak 27(61%), Menjawab pertanyaan kelompok sebanyak 32(73%), Kerjasama dalam kelompok sebanyak 33(75%), Mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu sebanyak 27(61%) dari jumlah keseluruhan, pada siklus II jumlah siswa yang Mendengarkan penjelasan guru sebanyak 42 anak dengan persentase 95%, Mengamati objek permasalahan diskusi sebanyak 38 siswa dengan persentase 86%, Mengerjakan LKS sebanyak 40 dengan persentase 91 %, Berani bertanya sebanyak 31 (70%) , Menjawab pertanyan secara individu sebanyak 37(84%), Menjawab pertanyaan kelompok sebanyak 36 (82%), Kerjasama dalam kelompok sebanyak 37(84%), Mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu sebanyak 31(70%) dari jumlah keseluruhan. Keaktifan siswa mengalami peningkatan dari siklus I, dan siklus II yaitu: pada siklus I rata-rata keaktifan siswa mencapai 76% dari keseluruhan siswa, dan siklus II mencapai 83%.
Kata kunci : materi gerak pada tumbuhan dan metode Group Investigation, PTK

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Biologi; Group investigation; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Nov 2015 01:26
Last Modified: 20 May 2021 04:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4742

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics