Upaya meningkatkan pemahaman peserta didik tentang sistem organisasi kehidupan melalui penerapan model experiential learning pada kelas VII MTs Sunan Kalijaga Kabupaten Boyolali

Winarni, Winarni (2015) Upaya meningkatkan pemahaman peserta didik tentang sistem organisasi kehidupan melalui penerapan model experiential learning pada kelas VII MTs Sunan Kalijaga Kabupaten Boyolali. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113811081.pdf]
Preview
Text
113811081.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai upaya meningkatkan Pemahaman Peserta Didik tentang Sistem Organisasi Kehidupan melalui Penerapan Model Experiential Learning pada Kelas VII MTs Sunan Kalijaga Kabupaten Boyolali. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bahwa pada MTs Sunan Kalijaga masih diwarnai dengan metode ceramah sehingga pemahaman peserta didik kurang optimal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas untuk menjawab permasalahan : apakah penerapan model Experiential Learning dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang Sistem Organisasi Kehidupan pada Kelas VII MTs Sunan Kalijaga Kabupaten Boyolali? Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 28 peserta didik kelas VII MTs Sunan Kalijaga Tahun Pelajaran 2014/2015. Data penelitian diambil dari nilai tes akhir pada setiap siklus dan observasi keaktifan pada setiap pertemuan. Data dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan rata-rata hasil tes akhir pada setiap siklusnya. Pada tes akhir siklus I, persentase peserta didik yang tuntas 10,71 % dengan rata-rata nilai 59,8. Rata-rata meningkat menjadi 86,25 pada tes akhir siklus II dengan persentase peserta didik yang tuntas mencapai 79 %.
Berdasarkan hasil observasi keaktifan juga mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Observasi 1 diperoleh rata-rata 69,64 dan persentase peserta didik yang tuntas 35,71 % dengan kategori gagal. Mengalami peningkatan pada observasi 2 yaitu rata-rata 73,81 dan persentase peserta didik yang tuntas 67,88 % sehingga kategori baik. Lebih meningkat lagi pada observasi 3 diperoleh rata-rata 74,40 serta persentase peserta didik yang tuntas mencapai 71,43 % dengan kategori baik. Serta observasi 4 menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu rata-rata 77,68 dan persentase peserta didik yang tuntas mencapai 85,71 % dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Experiential Learning dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang Sistem Organisasi Kehidupan pada Kelas VII MTs Sunan Kalijaga Kabupaten Boyolali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Organisasi kehidupan; Experiential learning; Model pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Nov 2015 01:39
Last Modified: 21 May 2021 03:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4744

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics