Fungsi perencanaan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan jamaah haji dan umroh periode 2014 studi kasus pada PT. Fachry Putra Alhabsyi perwakilan Jawa Tengah

Kholifatun, Kholifatun (2015) Fungsi perencanaan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan jamaah haji dan umroh periode 2014 studi kasus pada PT. Fachry Putra Alhabsyi perwakilan Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 101311039.pdf]
Preview
Text
101311039.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Fungsi Perencanaan Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Jamaah Haji dan Umroh Periode 2014 (Studi Kasus Pada PT. Fachry Putra Alhabsyi Perwakilan Jawa tengah) merupakan salah satu penelitian yang meneliti tentang unsur manajemen yaitu perencanaan. Perencanaan adalah suatu yang sangat penting karena perencanaan merupakan kunci utama dari manajemen, karena tanpa perencanaan berarti tidak ada tujuan yang ingin dicapai. Tanpa perencanaan tidak ada pedoman pelaksanaan sehingga banyak pemborosan. Perencanaan adalah dasar pengendalian, karena tanpa adanya rencana pengendalian tidak dapat dilakukan, tanpa perencanaan berarti tidak ada keputusan dan proses manajemen pun tidak ada.
Penelitian ini mengkaji tentang perencanaan yang telah dilakukan oleh PT. Fachry Putra Alhabsyi Perwakilan Jawa tengah terkait penyelenggaraan pelayanan haji dan umroh dalam kurun waktu tahun 2014 dan bagaimana fungsi perencanaan dalam penyelenggaraan pelayanan jamaah haji dan umroh ini diterapkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu dengan menggunakan prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan suatu objek penelitian berdasarkan fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode analisis induktif yaitu dari fakta-fakta atau peristiwa yang khusus ditarik generalisasi yang bersifat umum.
Berdasarkan hasil penelitian, PT. Fachry Putra Alhabsyi perwakilan Jawa Tengah dalam pengelolaannya telah menerapkan fungsi perencanaan secara profesional, yakni dengan menentukan tahapan-tahapan yaitu peramalan dan hitungan masa depan, penetapan maksud atau tujuan, penetapan program, penetapan jadwal, penetapan biaya, penetapan prosedur dan penetapan kebijakan. Dalam bidang pelayanan untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan lancar maka upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada jamaah yaitu dengan menambah sarana dan fasilitas sebagai penunjang dalam pelaksanaan ibadah haji dan umroh.

Adapun faktor pendukung dari fungsi perencanaan ini adalah terkondisinya staf yang ada, kerjasama yang baik antara banyak pihak, adanya respon dan sambutan yang baik dari jamaah jawa tengah, dan kerjasama dengan cabang-cabang yang ada. Sedangkan faktor peghambatnya adalah pengurusan paspor yang kurang tepat waktu, ketidaksediaan dan ketidakmampuan karyawan dalam menjalankan tugasnya, perencanaan yang telah dibuat meleset dari perkiraan dan adanya tumpang tindih operasional haji dan umroh.
Dengan menerapkan fungsi perencanaan pada pengelolaannya, pelayanan jamaah haji dan umroh yang dilakukan PT. Fachry Putra Alhabsyi Jateng dapat berjalan dengan lebih terarah dan teratur rapi, Sebab dengan fungsi perencanaan segala sesuatunya telah dipersiapkan dan direncanakan dengan maksimal baik dari segi pelayanan, informasi yang disampaikan, cara pelayanan dan pemberian fasilitas seperti latihan manasik umroh dan pelaksanaan serangkaian ibadah haji dan umroh

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: DR. H. Awaludin Pimay, Lc., M. Ag.; Dr. Moh. Fauzi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pelayanan jamaah haji; Biro perjalanan haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Nov 2015 08:28
Last Modified: 22 May 2021 12:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4755

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics