Political branding menggunakan simbol keagamaan dalam iklan politik PKB di televisi
Aminah, Siti (2015) Political branding menggunakan simbol keagamaan dalam iklan politik PKB di televisi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
081211067.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian dengan judul “Political Branding Menggunakan Simbol Keagamaan Dalam Iklan Politik PKB di Televisi)” ini merumuskan tentang bagaimana penggunaan simbol keagamaan untuk mencapai political branding dalam iklan politik PKB?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara political branding menggunakan simbol keagamaan dalam iklan politik PKB di televisi. Metodologi yang digunakan oleh penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan memakai metode deskriptif.
Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa Partai Kebangkitan Bangsa telah melakukan langkah-langkah untuk menciptakan citra yang baik, yaitu bersikap konsisten dalam berpolitik, melakukan aktivasi merek sesering mungkin, dan pimpinan para partai politiknya berani dan benar-benar terjun ke bawah untuk berinteraksi dengan simpatisan kecil secara berkesinambungan.
Adapun mengenai simbol-simbol yang ada dalam iklan politik PKB di televisi, penulis menemukan bahwa partai ini dalam iklannya banyak menggunakan simbol. Berdasarkan analisis, dalam iklan tersebut terdapat 25 simbol kultural, lima simbol universal, dan tidak ada simbol individual.
Dan berdasarkan analisis, iklan-iklan tersebut telah mencapai tujuan dari pengadaan iklan yakni menyadarkan komunikan dan memberi informasi tentang suatu barang dan jasa atau ide; menimbulkan dalam diri komunikan suatu perasaan suka akan barang dan jasa ataupun ide yang disajikan dengan memberi prefensi kepadanya; meyakinkan komunikan akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya menggerakkan untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang dianjurkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Ahmad Anas, M. Ag.; Nur Cahyo H.W., M. Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Political Branding; Iklan politik; Simbol keagamaan |
Subjects: | 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 01 Dec 2015 08:32 |
Last Modified: | 22 May 2021 12:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4767 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year