Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Materi Tajwid Melalui Strategi Pembelajaran Active Learnig dengan Metode Card Sort (Studi pada Kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal Tahun Pelajaran 2011-2012)

Sehah, Umi (2013) Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Materi Tajwid Melalui Strategi Pembelajaran Active Learnig dengan Metode Card Sort (Studi pada Kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal Tahun Pelajaran 2011-2012). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083911093_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083911093_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (503kB) | Preview
[thumbnail of 083911093_Bab1.pdf]
Preview
Text
083911093_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 083911093_Bab2.pdf]
Preview
Text
083911093_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 083911093_Bab3.pdf]
Preview
Text
083911093_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 083911093_Bab4.pdf]
Preview
Text
083911093_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 083911093_Bab5.pdf]
Preview
Text
083911093_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 083911093_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083911093_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Al Qur’an Hadist di SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal, selama ini proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, dan mendikte sehingga menjadikan siswa hanya menerima materi secara pasif, sehingga hasil belajar siswa banyak yang masih kurang dari KKM yang sudah ditentukan yaitu 65. Untuk mengatasi kepasifan peserta didik salah satu bentuk pembelajaran yang bisa dilakukan adalah pembelajaran active learning metode card sort. Sebagai strategi pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan siswa-siswi, active learning metode Card Sort dapat menjadikan lingkungan belajar yang berpusat pada siswa-siswi, peningkatan aktifitas siswa-siswi, dan menekankan interaksi siswa-siswi dengan konsep.
Studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan bagaimana penerapan strategi pembelajaran active learning metode Card Sort dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi tajwid , apakah penggunaan strategi pembelajaran active learning metode Card Sort dapat meningkatkan aktifitas serta hasil belajar pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi tajwid pada peserta didik kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal tahun pelajaran 2011/ 2012.
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi
Hasil penelitian menunjukkan : 1. Penerapan strategi pembelajaran active learning metode Card Sort dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi tajwid pada peserta didik kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal tahun pelajaran 2011/ 2012 dilakukan dalam 4 tahap yaitu melalui perencanaan dengan mempersiapkan RPP. Tindakan mulai dari menjelaskan materi, menyortir kartu, diskusi, dan evaluasi. Observasi dilakukan dengan mengamati keaktifan siswa pada saat pembelajaran. Merefleksi pembelajaran untuk ditemukan solusi pada siklus berikutnya, pada siklus pertama presentase keaktifan siswa sebesar 65%, siklus kedua 75% dan siklus ketiga yaitu 84%.2. Ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadist materi tajwid pada peserta didik kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal tahun pelajaran 2011/ 2012 setelah diterapkan strategi pembelajaran active learning metode Card Sort. Hal ini terlihat dari peningkatan prestasi belajar siswa dalam tiap siklusnya. Pada siklus pertama rata-rata hasil belajar siswa yaitu 58,9, siklus kedua rata-rata hasil belajar siswa yaitu 65, dan siklus ketiga rata-rata hasil belajar siswa yaitu 76,2. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima yaitu ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadist materi tajwid pada peserta didik kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal tahun pelajaran 2011/ 2012 setelah menerapkan strategi pembelajaran active learning metode Card Sort.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Tajwid; Active Learnig; Metode Card Sort; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 07:52
Last Modified: 04 Dec 2013 07:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics