Sinergitas kinerja guru agama dan guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Islam Raudhotut Tholibin Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak : analisis fungsi bimbingan dan konseling Islam

Setiani, Puji (2015) Sinergitas kinerja guru agama dan guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Islam Raudhotut Tholibin Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak : analisis fungsi bimbingan dan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 111111011.pdf]
Preview
Text
111111011.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan sinergitas kinerja yang dilakukan guru agama dan guru bimbingan dan konseling (BK) dalam mengatasi kenakalan siswa di sekolah perspektif fungsi bimbingan dan konseling Islam. Penelitian ini merupakan penelitian field research, dengan mengambil data autentik secara objektif dari lapangan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif diskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari sumber data yang diperoleh dilapangan.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model Milles and Huberman, ada tiga tahap dalam analisis data kualitatif yaitu: 1) Data Reduction (Reduksi data), 2) Data Display (Penyajian data), 3) Conclusion Drawing (Menarik kesimpulan).Hasil dari penelitian ini adalah kinerja guru agama dan guru dalam mengatasi kenakalan siswa dapat diupayakan dengan tindakan berdasarkan tugas dan fungsi guru sesuai dengan tanggung jawabnya. Pemberian bantuan bimbingan yang diberikan oleh guru agama dalam mengatasi kenakalan siswa adalah memberikan bimbingan dari segi keagamaan siswa, sedangkan guru BK adalah memberikan pelayanan bimbingan dan konseling dari segi psikologis siswa.Kenakalan yang dilakukan oleh siswa, masih tergolong ke dalam kenakalan ringan yaitu masih dalam batasan melanggar tata tertib sekolah, diantaranya: membolos, mengganggu proses kegiatan belajar mengajar, kurangnya kedisiplinan. Untuk mengatasi kenakalan siswa tersebut seharusnya diperlukan hubungan kerjasama yang bersinergi antara guru agama dengan guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa.. Namun, sinergitas kinerja antara guru agama dan guru bimbingan dan konseling(BK) berjalan kurang efektif. Kurangnya koordinasi satu sama lain, membuat kinerja kedua belah pihak kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan konseling Islam; Kinerja guru; Kenakalan siswa; Guru bimbingan konseling
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 02 Dec 2015 09:46
Last Modified: 27 Jul 2021 02:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4803

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics