Strategi komunikasi Rasulullah dalam kitab Shahih Bukhari-Muslim (bab akhlak dan ibadah)

Mukoyimah, Mukoyimah (2015) Strategi komunikasi Rasulullah dalam kitab Shahih Bukhari-Muslim (bab akhlak dan ibadah). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 111211047.pdf]
Preview
Text
111211047.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul ¬Strategi Komunikasi Rasulullah Dalam Hadits-Hadits Nabi, mencoba untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh Rasulullah. Strategi komunikasi Rasulullah hanya akan dapat diketahui dengan melihat hadits-hadits yang menunjukan komunikasi didalamnya. Adanya penelitian ini maka dapat diketahui bahwa Nabi menggunakan strategi yang berbeda pada setiap komunikan yang dihadapinya. Tidak hanya melihat dari sisi komunikan namun melihat pula dari sisi yang lainnya. Penelitian ini memliki manfaat baik secara praktis maupun akademis. Secara praktis yaitu untuk menambah wawasan tentang strategi komunikasi Rasulullah, sedangkan secara akademis ialah untuk mengembangkan pengetahuan ilmu komunikasi dan sebagai bahan informasi, referensi serta dokumentasi ilmiah. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kajian pustaka (Library research), yaitu kegiatan mengkaji dokumen atau sumber tertulis tanpa melakukan riset lapangan. Metode analisis yang digunakan ialah interpretasi (penafsiran) data. Pendekatan pada penelitian ini adalah hermeneutika umum oleh Fredrich D. E. Schleiermacher yaitu cara menafsirkan sebuah teks terdahulu untuk diketahui maknanya dalam masa sekarang dengan tidak menggunakan satu bidang ilmu, namun bisa berbagai bidang ilmu. Hadits yang dikaji menyesuaikan dengan strategi komunikasi yang telah dirumuskan oleh peneliti, setelah itu kajian tentang strategi dalam hadits dijelasakan dengan melihat asbabul wurud hadits jika ada, sosiokultur masyarakat yang menjadi mad’u, dan teks yang penting dalam hadits. Strategi komunikasi diklasifikasikan berdasarkan komponen komunikasi yaitu, strategi komunikasi komunikator, pesan, efek, media dan komunikan. Sedangkan pendektan yang digunakan untuk melancarkan komunikasi ialah melalui pendekatan fungsi komunikasi yaitu, pendekatan fungsi persuasif, informatif, intruktif/koersif, dan human relation. Hasil dari peneitian ini ialah, Nabi menggunakan strategi komunikasi pesan dimaksudkan untuk memperjelas pesan, meneguhkan hati pembaca, memotivasi, dan memberi informasi penting terhadap komunikan. Strategi komunikasi komunikan dimaksudkan untuk membimbing setiap umatnya sesuai dengan kebutuhan dan kekurangan serta pengetahuannya. Strategi komunikasi efek dimaksudkan untuk melihat perbaikan yang akan diperoleh dan meninggalkan madharatnya.Terakhir adalah strategi komunikasi media adalah sarana untuk menyebarkan Islam kepada khalayak luas, namun penggunakan media juga disesuaikan dengan kadar pengetahuan komunikan dan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. M. Alfandi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi; Strategi dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2015 10:37
Last Modified: 04 Dec 2015 10:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4817

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics