Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal
Khakimah, Sri (2012) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
103111138_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (424kB) | Preview
103111138_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (52kB) | Preview
103111138_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (131kB) | Preview
103111138_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (41kB) | Preview
103111138_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (84kB) | Preview
103111138_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
103111138_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam SD Negeri 1 Karangmalang Kangkung Kabupaten Kendal. Dimana orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi anak, orang tua memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter anak, yang nantinya akan dibawa sampai dewasa, sedangkan orang tua menginginkan anaknya menjadi yang terbaik dalam prestasi belajar maupun akhlaqnya.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Untuk memperoleh data yang obyektif, maka digunakan dua bentuk penelitian Dokumentasi dan Angket dengan populasi siswa kelas I sampai VI SD Negeri 1 Karangmalang Kecamatan Kangkung pada tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah populasi sebanyak 135 siswa sedangkan sampel yang diambil berjumlah 30 orang. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua (X) dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (Y). Hasil penelitian dengan mengunakan analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa nilai r hitung = 0,5012302. Angka ini lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 1% maupun 5%, dengan demikian pola asuh orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para Kepala Sekolah dan Guru, serta dunia pendidikan pada umumnya, khususnya bagi Guru Pendidikan Agama Islam, agar selalu menjalankan amanat dengan baik, dan selalu memberi motivasi Guru-guru yang lain di sekolah dengan harapan akan tercapainya pembelajaran yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orang Tua; Pendidikan Agama Islam; Prestasi Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 07:57 |
Last Modified: | 03 Jul 2021 03:46 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/482 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year