Efektivitas pembelajaran matematika berbasis open ended problem terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pokok sudut dan garis di MTs Ma’arif NU 11 Temukerep Kec. Larangan Kab. Brebes

Rahman, Arif (2010) Efektivitas pembelajaran matematika berbasis open ended problem terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pokok sudut dan garis di MTs Ma’arif NU 11 Temukerep Kec. Larangan Kab. Brebes. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_063511042_Arif_Rahman]
Preview
Text (SKRIPSI_063511042_Arif_Rahman)
63511042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti dan penuturan salah satu guru matematika di MTs Ma’arif NU 11 Temukerep menyatakan bahwa pada pembahasan materi pokok sudut dan garis, sebagian peserta didik cenderung pasif, kurang inovasi dalam proses kegiatan belajar mengajar berlangsung sehingga terkesan monoton serta peserta didik belum terbiasa menyelesaikan masalah-masalah yang terdapat pada materi sudut dan garis. Berbagai upaya telah dilakukan tetapi hasilnya belum optimal. Salah satu pendekatan pembelajaran pada matematika yang diduga dapat mengaktifkan peserta didik dan melatih peseta didik untuk berpikir kreatif matematis adalah pendekatan pembelajaran matematika berbasis Open Ended. Melalui penelitian ini diimplementasi pendekatan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Permasalahan dalan penelitian ini yaitu apakah implementasi pembelajaran matematika berbasis Open Ended efektif untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada materi pokok garis dan sudut di MTs Ma’arif NU 11 Temukerep Kec. Larangan Kab. Brebes?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskusikan dan mengetahui apakah pembelajaran matematika berbasis Open Ended efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok garis dan sudut di MTs Ma’arif NU 11 Temukerep Kec. Larangan Kab. Brebes.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II MTs Ma’arif NU 11 Temukerep Tahun Pelajaran 2009/2010 yang terbagi dalam 3 kelas sebanyak 99 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Terpilih peserta didik kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode obesrvasi, studi dokumen dan metode tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh t = 10,227 sedangkan nilai t = 2,00. Karena > t maka H ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika berbasis Open Ended secara berkelompok lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran langsung dengan metode ekspositori.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol sehingga dapat dikatakan pembelajaran matematika berbasis Open Ended secara berkelompok lebih efektif daripada pembelajaran langsung dengan metode ekspositori terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok sudut dan garis di kelas VII MTs Ma’arif NU 11 Temukerep, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan pembelajaran matematika berbasis Open Ended dan menerapkan pada pembelajaran materi pokok yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Matematika; Open Ended Problem; Pemecahan Masalah; Sudut dan Garis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 08 Dec 2015 04:38
Last Modified: 26 Jun 2021 02:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4823

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics