Penerapan macromedia flash 8 pada materi fungsi komposisi untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik kelas XI-A MA NU TBS Kudus
Badri, Zainul (2010) Penerapan macromedia flash 8 pada materi fungsi komposisi untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik kelas XI-A MA NU TBS Kudus. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63511036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (712kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) skenario pembelajaran matematika melalui penerapan Macromedia Flash 8. 2) peningkatan aktivitas peserta didik melalui penerapan Macromedia Flash 8. 3) peningkatan pemahaman konsep peserta didik melalui penerapan Macromedia Flash 8.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian sebanyak 44 peserta didik, dengan pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner, lembar observasi dan test untuk mengetahui secara langsung perkembangan dan peningkatan aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik. Melalui penerapan Macromedia Flash 8 pembelajaran matematika materi fungsi komposisi diharapkan mampu meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik.
Pelaksanaan penelitian dibagi dalam tiga siklus, yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus, aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik diperoleh melalui pembelajaran konvensional tanpa media pembelajaran apapun. pada siklus I dan siklus II yang tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, hasil pengamatan dan refleksinya akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari tiap siklus akan diukur aktivitas, dan pemahaman konsep, serta ketuntasan hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik, secara drastis dapat dilihat bahwa perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan media dalam hal ini Macromedia Flash 8 dengan pembelajaran expository. Untuk peningkatan prosentase aktivitas peserta didik pada siklus terakhir mampu mencapai hingga 97,7%; pemahaman konsep peserta didik 80,6 dengan hasil belajar 86,1. Dengan demikian, pencapaian indikator aktivitas tersebut telah mencapai standar indikator keberhasilan di atas 75%. Dan ketuntasan belajar tercapai diatas KKM 60.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar khususnya bidang matematika serta mampu untuk terus meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik terhadap pembelajaran matematika agar senantiasa berprestasi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Macromedia Flash 8; Aktifitas belajar; Media pembelajaran; Pemahaman konsep |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 08:40 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 04:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4876 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year