Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A MTs Walisongo Pecangaan Jepara pada materi himpunan dalam pemecahan masalah melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping
Inayah, Rokhisatul (2010) Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A MTs Walisongo Pecangaan Jepara pada materi himpunan dalam pemecahan masalah melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63511039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A Semester II MTs Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Ajaran 2009/2010.
Hasil penelitian diperoleh pada pra siklus, berdasarkan pengamatan dan informasi yang diperoleh peneliti menghasilkan beberapa masalah yang dihadapi dalam pembelajaran diantaranya yaitu masih ada peserta didik yang kurang mampu menuliskan soal pemecahan masalah ke dalam model matematika, masih ada peserta didik yang kurang mampu menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah, serta pembelajaran pada mata pelajaran matematika masih menggunakan metode ceramah dimana peserta didik hanya mendengarkan dan mencatat penjelasan guru. Hal ini mengakibatkan hasil pengamatan pada pra siklus menunjukkan keaktifan peserta didik sebesar 27%, rata-rata kelas sebesar 58,2, dan ketuntasan klasikal sebesar 46,43%. Keadaan tersebut masih belum memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan oleh sekolah yaitu nilai KKM 63 dengan rata-rata kelas ≥63 dan ketuntasan klasikal peserta didik yang memenuhi KKM sebesar 75%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar peserta didik meningkat, hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 58,2 menjadi 64,5 pada siklus I, dan ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 46,43% meningkat menjadi 62,5%. Walaupun dilihat dari hasil rata-rata kelas peserta didik sudah memenuhi indikator keberhasilan, namun ketuntasan klasikal pada siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan sebesar 75% sehingga perlu dilanjutkan tindakan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar peserta didik juga meningkat dari rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 64,5 meningkat menjadi 70,65 pada siklus II. Ketuntasan klasikal pada siklus II juga meningkat dari 62,5% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Pada siklus II sudah memenuhi indikator keberhasilan, sehingga tidak perlu dilakukan tindakan siklus lagi.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi himpunan dalam pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar; Metode pembelajaran; Mind mapping |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 08:41 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 08:29 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4877 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year