Keefektivan metode penugasan dengan pemberian tugas terstruktur terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita trigonometri

Kurniawati, Nanik (2010) Keefektivan metode penugasan dengan pemberian tugas terstruktur terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita trigonometri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_063511040_Nanik_Kurniawati]
Preview
Text (SKRIPSI_063511040_Nanik_Kurniawati)
63511040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Apakah pembelajaran menggunakan metode penugasan dengan pemberian tugas terstruktur lebih efektif daripada model pembelajaran langsung dengan metode ekspositori terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi pokok trigonometri? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan metode penugasan dengan pemberian tugas terstruktur terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita trigonometri pada peserta didik kelas X MA Darul Hikmah Menganti tahun pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester II MA Darul Hikmah Menganti Tahun Pelajaran 2009/2010 yang terbagi dalam 2 kelas sebanyak 76 peserta didik. Terpilih peserta didik kelas XB sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XA sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh t = 3,286 sedangkan nilai t = 2,00. Karena t > t maka H ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan metode pembelajaran tugas terstruktur lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran langsung dengan metode ekspositori.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol sehingga dapat dikatakan pembelajaran dengan metode tugas terstruktur lebih efektif daripada pembelajaran langsung dengan metode ekspositori terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pokok trigonometri di kelas X MA Darul Hikmah Menganti, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan pembelajaran tugas terstruktur dan menerapkan pada pembelajaran materi pokok yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Trigonometri; Metode pembelajaran; Metode penugasan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:42
Last Modified: 23 Jun 2021 07:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4878

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics