Peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII A MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara semester II tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok luas permukaan prisma dan limas tegak dengan menggunakan alat peraga melalui pembelajaran ropes (review, overview, presentation, exercise, summary)

Tsani, Dyan Falasifa (2010) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII A MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara semester II tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok luas permukaan prisma dan limas tegak dengan menggunakan alat peraga melalui pembelajaran ropes (review, overview, presentation, exercise, summary). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_063511043_Dyan_Falasifa_Tsani]
Preview
Text (SKRIPSI_063511043_Dyan_Falasifa_Tsani)
63511043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari perlunya meningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII A MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara tahun 2009/2010. Dalam kegiatan pembelajaran, materi luas permukaaan prisma dan limas tegak merupakan materi abstrak, dan kinerja peserta didik masih rendah, baik pada proses maupun hasil belajar. Sebagian guru masih melaksanakan pembelajaran secara konvensional.
Permasalahan dalam penelitian ini ada dua yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran ROPES dengan menggunakan alat peraga pada materi pokok luas permukaan prisma dan limas tegak kelas VIII A MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara semester II tahun 2009/2010? dan Apakah pemanfaatan alat peraga melalui model pembelajaran ROPES pada materi pokok luas permukaan prisma dan limas tegak dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII A MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara semester II tahun 2009/2010?
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan tahap pra siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan PTK, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara tahun 2009/2010.
Hasil penelitian untuk tahap pra siklus diperoleh dari data aktivitas dan hasil ulangan harian materi luas permukaan prisma dan limas tegak tahun 2008/2009 untuk persentase aktivitas peserta didik masih rendah hanya 35,5 %, rata-rata hasil belajar peserta didik masih dibawah nilai KKM yaitu 58,26, dan persentase ketuntasan belajar klasikal 47,5%. Setelah dilakukan siklus I, hasil yang didapat terjadi peningkatan dari tahap pra siklus untuk aktivitas dan hasil belajar peserta didik, walaupun hasilnya belum mencapai indikator keberhasilan penelitian, persentase aktivitas peserta didik siklus I adalah 60,28%, rata-rata hasil belajar mencapai 60,2 dan persentase ketuntasan belajar klasikal 51,21%, pada siklus 2 mengalami peningkatan untuk aktivitas dan hasil peserta didik dibandingkan tahap pra siklus dan siklus I, di siklus 2 aktivitas peserta didik adalah 77,43%, dan rata-rata hasil belajar peserta didik 71,3, persentase ketuntasan belajar klasikal 78,04%. Dari hasil siklus 2, menunjukkan bahwa persentase aktivitas, rata-rata hasil belajar, dan persentase ketuntasan belajar klasikal yang telah didapat pada siklus 2 sudah melebihi indikator penelitian yang ada.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa dengan penerapan model pembelajaran ROPES menggunakan alat peraga pada materi pokok luas permukaan prisma dan limas tegak dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII A MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara tahun 2009/2010. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa model pemebalajaran ROPES layak dikembangkan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pemmbelajaran; Media pembelajaran; Prisma dan limas; Alat peraga; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:44
Last Modified: 26 Jun 2021 02:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4879

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics