Manajemen keuangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan
Furqon, Muhammad (2014) Manajemen keuangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
093311023_coverdll.pdf - Cover Image
Download (503kB) | Preview
093311023_bab1.pdf - Accepted Version
Download (241kB) | Preview
093311023_bab2.pdf - Accepted Version
Download (301kB) | Preview
093311023_bab3.pdf - Accepted Version
Download (194kB) | Preview
093311023_bab4.pdf - Accepted Version
Download (274kB) | Preview
093311023_bab5.pdf - Accepted Version
Download (61kB) | Preview
093311023_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (95kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas manajemen keuangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. kajiannya dilatar belakangi dengan pengembangan semua potensi di sekolah yakni potensi fisik, intlektual dan moral terhadap peserta didik sebagai sumber daya manusia. Untuk mendukung dalam pengembangan potensi tersebut, maka dari itu dibutuhkannya manajemen keuangan yang baik sehingga dapat menunjang keberhasilan dalam peningkatan kualitas pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana penganggaran di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan. (2) bagaimana pelaksanaan keuangan dalam meningkatkan kualitas pednidikan di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan. (3) bagaimana auditing keuangan di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan sebagaimana sekolah tersebut menjadi sumber data untuk mendapatkan hasil dokumentasi, observasi dan wawancara.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif yakni membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta sehubungan antar fenomena yang diselidiki. Analisis penelitian kualitatif ini dilakukan bersama dengan proses pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen keuangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan meliputi: perencanaan keuangan, pelaksanaan keuangan dan evaluasi keuangan. Kegiatan perencanaan keuangan terdiri dari pembentukan tim penyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS), analisis kebutuh dalam penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS), mentukan skala prioritas, sumber dan alokasi dana untuk peningkatan kualitas pendidikan. Kegiatan pelaksanaan keuangan terdiri dari sosialisasi anggaran, penyesuaian dengan rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS), membuat buku kontrol penerimaan dan pengeluaran, membuat buku kas dan buku laporan keuangan. Kegiatan yang terakhir yaitu evaluasi keuangan berupa evaluasi terhadap segala transaksi keuangan sekolah, untuk menilai tingkat penggunaannya berdasarkan data-data yang sebenarnya lapangan.
Manajemen keuangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan dapat dilihat melalui pengalokasian dana pada rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS), seperti pengelolaan sarana prasarana, pelatihan guru, pengembangan kurikulum sekolah, pengelolaan ISO, menetapkan standar pembiayaan, akreditasi, pengadaan try out, serta subsidi promosi sekolah. Keuangan pendidikan yang berupa penerimaan dan pengeluaran dana harus dikelola dengan maksimal diupayakan untuk peningkatan kualitas pendidikan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen keuangan, kualitas pendidikan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 12 Jan 2016 07:47 |
Last Modified: | 12 Jan 2016 07:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4887 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year