Optimalisasi hasil belajar Akidah Akhlak materi pokok akhlak terpuji dengan menggunakan media gambar bagi siswa kelas III semester II di MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Tambakaji Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2010/2011

Hasanah, Imro’atil (2011) Optimalisasi hasil belajar Akidah Akhlak materi pokok akhlak terpuji dengan menggunakan media gambar bagi siswa kelas III semester II di MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Tambakaji Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 093111360.pdf]
Preview
Text
093111360.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan penggunaan media gambar dalam pembelajaran Akidah Akhlak materi pokok Akhlak Terpuji bagi siswa kelas III MI Miftahul Akhlakiyah; dan untuk mengetahui hasil belajar Akidah Akhlak materi Pokok Akhlak Terpuji dapat dioptimalkan melalui media gambar bagi siswa kelas III MI Miftahul Akhlakiyah.
Skripsi ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) (classroom action reseach) yang dilakukan melalui pra siklus, siklus I, dan siklus II. Tiap siklus melalui tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan observasi, sedangkan metode analisa data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan menentukan hasil belajar, rata-rata kelas, dan ketuntatasan belajar baik secara individual maupun klasikal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran akidah akhlak materi pokok akhlak terpuji di MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Tambakaji Ngaliyan Semarang pada siswa kelas III B semester genap tahun pelajaran 2010/ 2011. indikator meningkatnya rata-rata kelas dari 61,92 pada pra siklus menjadi 72,31 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 81,54 pada siklus II. Demikian juga dengan ketuntatasan klasikal meningkat dari pra siklus (38,46%) menjadi 80,77% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 96,15 pada siklus II.
Berdasarkan hal tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa: penggunaan media gambar dalam pembelajaran Akidah Akhlak materi pokok Akhlak Terpuji bagi siswa kelas III MI Miftahul Akhlakiyah merupakan upaya perbaikan pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa; dan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media gambar dapat mengoptimalkan/ meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak materi pokok akhlak terpuji bagi siswa kelas III MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Tambakaji Ngaliyan Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Tuti Qurrotul Aini, S. Ag., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Media gambar; Akhlak terpuji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 05 Feb 2016 08:59
Last Modified: 05 Feb 2016 08:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4981

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics