Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak asuh di SOS Children’s Villages Semarang
Hayati, Nur (2015) Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak asuh di SOS Children’s Villages Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
103111085.pdf - Accepted Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada asuh di SOS Children’s Villages Semarang. Kajian skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya Pendidikan Agama Islam ditanamkan dalam diri anak oleh orang tua di dalam keluarga, dan SOS Children’s Villages Semarang merupakan lembaga sosial yang memiliki tugas sebagai pengganti peran keluarga. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimanakah proses penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak asuh di SOS Children’s Villages Semarang?, (2) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam apa sajakah yang ditanamkan pada anak asuh di SOS Children’s Villages Semarang?, (3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat proses penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak asuh di SOS Children’s Villages Semarang?.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara/interview dan dokumentasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi yang memanfaatkan penggunaan metode, kemudian teknis analis data dilakukan dengan cara reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi (conclusion drawing).
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di lembaga sosial SOS Children’s Villages Semarang dilakukan melalui 2 hal, yakni proses pengasuhan oleh ibu asuh dan melalui kegiatan keagamaan berupa pengajian yang dilaksanakan setiap hari jum’at dan hari minggu. Cara ibu asuh dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak sudah sesuai dengan teori yang ada, yakni memberi keteladanan, menerapkan pembiasaan, memberikan suasana agama dan spiritual di dalam rumah, membimbing anak dengan sikap keterbukaan dan menuntun anak turut serta dalam kegiatan keagamaan. (2) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang ditanamkan sudah berdasarkan ajaran pokok agama Islam, meliputi pendidikan aqidah, pendidikan ibadah dan pendidikan akhlak. (3) Faktor yang menghambat penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islama karena adanya keterbatasan pengetahuan agama Islam yang dimiliki ibu asuh, latar belakang sosial anak yang beragam, kurangnya jam bertemu dengan guru agama dan hilangnya peran pembina anak asuh yang beragama Islam. Sedangkan faktor yang mendukung karena adanya kebijakan yayasan yang memberikan ruang bagi anak asuh untuk mendalami agama Islam, sarana dan prasarana yang memadai, motivasi kuat yang dimiliki ibu asuh dalam mengasuh anak, kekompakan ibu-ibu asuh anak yang beragama Islam dan adanya guru agama.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para pengasuh di lembaga sosial anak, orang tua maupun tenaga pendidik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Ahwan Fanani, M. Ag.; Asiyah, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan agama Islam; Anak asuh |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 09 Feb 2016 09:48 |
Last Modified: | 09 Feb 2016 09:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4990 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year