Implementasi pendidikan karakter dalam pendidikan agama Islam di SD Gayamsari 02 Semarang
Zubaidah, Siti (2015) Implementasi pendidikan karakter dalam pendidikan agama Islam di SD Gayamsari 02 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113111143.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh realitas pendidikan pada masa sekarang. Penurunan kualitas pendidikan di Indonesia yang kurang menaruh perhatian terhadap pendidikan afektif peserta didik yang mengakibatkan merosotnya moralitas generasi muda, beberapa tindakan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sudah menjadi hal yang biasa, seperti korupsi, kenakalan antar remaja, menyontek, absen saat jam sekolah bagi para pelajar dan lain sebagainya. Beberapa pihak mensinyalir bahwa merosotnya moralitas yang terjadi di Indonesia salah satunya karena rendahnya mutu pendidikan yang mana kurang memperhatikan pendidikan karakter bagi peserta didiknya. Berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya pemerintah membuat program sekolah piloting pendidikan karakter yang diterapkan di seluruh provinsi di Indonesia. Untuk Provinsi Jawa Tengah, kota Semarang yang terpilih dan salah satu sekolah yang ditunjuk adalah SD Gayamsari 02 Semarang.
Studi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam Pendidikan Agama Islam di SD Gayamsari 02 Semarang.
Permasalahan tersebut dibahas dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh melalui teknik pengumpulan data, kemudian data dianalisis melalui proses tahapan pengelolaan data berupa: reduksi data, data display, conclusion drawing/verifikasi. Data yang terkumpul bersifat deskriptif dengan teknik analisis datanya menggunakan teknik komponensial.
Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: implementasi pendidikan karakter dalam PAI di SD Gayamsari 02 dilakukan dengan tahap perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan: dengan membuat silabus dan RPP, dalam silabus dan RPP disediakan satu kolom untuk nilai karakter yang akan dikemangkan. Pelaksanaan: dengan kegiatan intrakurikuler, dengan mengintegrasikan 18 nilai karakter ke dalam semua materi PAI. Metode yang digunakan yaitu mengajarkan, keteladanan dan refleksi. Pelaksanaan pendidikan karakter dalam PAI di SD Gayamsari 02 Semarang tidak berbeda dengan proses pembelajaran pada umumnya, perbedaannya hanya pada perencanaan, yaitu terdapat satu kolom yang disediakan untuk nilai karakter yang akan dikembangkan. Pelaksanaan pendidikan karakter dalam PAI di SD Gayamsari 02 Semarang terbilang bagus, karena menimbulkan dampak yang positif bagi karakter peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Prof. Dr. Ibnu Hadjar, M. Ed.; Abdul Kholiq, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 23 Feb 2016 01:21 |
Last Modified: | 23 Feb 2016 01:21 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5043 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year