Pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Iqra’ kelas IV di SDN Wonosari 03 Ngaliyan Semarang tahun 2015
Khoirunnisa, Novia (2015) Pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Iqra’ kelas IV di SDN Wonosari 03 Ngaliyan Semarang tahun 2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113111163.pdf - Accepted Version
Download (9MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca Al Qur’an Dengan Metode Iqra anak kelas IV di SDN Wonosari 03 Ngaliyan Semarang tahun 2015. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya peran orang tua yang sangat penting dalam pengembangan kemampuan membaca Al-Qur’an anak dengan memberikan perhatian, baik perhatian yang intensif, spontan maupun disengaja, motivasi, dan pendidikan yang baik. Karena orang tua juga merupakan guru yang pertama sejak anak lahir. Studi ini dimaksudkan untuk menawab permasalahan: Adakah pengaruh perhatian perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca Al Qur’an dengan Metode Iqra anak kelas IV di SDN Wonosari 03 Ngaliyan Semarang tahun 2015? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SDN Wonosari 03 kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket, metode tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen kuesioner atau angket untuk menjaring data tentang perhatian orang tua (variabel X) dan data tentang kemampuan membaca Al-Qur’an (variabel Y) didapat dari hasil tes kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian sebanyak 74 responden dengan menggunakan teknik semua populasi. Dari dua variabel yang ada, yaitu variabel X (perhatian orang tua) dan variabel Y (kemampuan membaca Iqra’) kemudian data penelitian dari kedua variabel tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Untuk mengetahui perhatian orang tua dapat dilihat dari nilai rata-rata angket sebesar 85,95, dan nilai kemampuan membaca Iqra’ sebesar 58,41.
Dari perhitungan rxy diperoleh sebesar 0,17. Selanjutnya adalah menguji apakah ada pengaruh antara perhatian orang tua dengan kemampuan membaca iqra’ itu signifikan. Maka harga rxy = 0,17, dapat dikonsultasikan dengan rtabel dengan N = 74 atau derajat kebebasan (db) = 74-2 = 72. Dari tabel r dengan N = 72 (atau db = 72) akan ditemukan harga r pada taraf signifikansi 5% = 0,2287. Karena harga rxy sebesar (0,17) < rtabel (0,2287) maka dinyatakan tidak signifikan. sehingga dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca iqra’ tidak terdapat hubungan yang signifikan.
Setelah itu diadakan uji hipotesis melalui thitung, hasil yang diperoleh dikonsultasikan pada ttabel, diketahui bahwa thitung = 1,487 dan ttabel 5% = 1,993, maka thitung < ttabel sehingga antara variabel X dan variabel Y tidak memiliki korelasi dan tidak signifikan.Selanjutnya dari hasil perhitungan regresi juga menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Hal ini dibuktikan dari analisis regresi linier sederhana. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh harga Ftabel = 3,97 dan harga Freg = 2,135. Jika dibandingkan maka harga Freg < Ftabel
Dari hasil perhitungan melalui korelasi product moment, uji t dan rumus regresi sederhana, maka hasil yang didapatkan tidak signifikan. Hal itu dikarenakan perhatian orang tua di SDN Wonosari 03 tidak berpengaruh besar terhadap kemampuan anak dalam membaca Al Qur’an melalui metode Iqra’.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Abdul Kholiq, M. Ag.; Achmad Sudja’i, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Orang tua; Membaca al-Qur'an; Pendidikan agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 23 Feb 2016 08:58 |
Last Modified: | 23 Feb 2016 08:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5048 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year