Pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik berbantu video interaktif materi lingkaran kelas VIII MTs N Mranggen Demak tahun ajaran 2014/2015

Fitriani, Ani (2015) Pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik berbantu video interaktif materi lingkaran kelas VIII MTs N Mranggen Demak tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511037_Ani_Fitriani]
Preview
Text (SKRIPSI_113511037_Ani_Fitriani)
113511037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik berbantu video interaktif materi lingkaran kelas VIII MTs N Mranggen Demak. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs N Mranggen, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B dan kelas VIII C. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dipilih dua kelas secara acak yang berdistribusi normal untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open ended berbantu video interaktif, sedangkan kelas kontrol memperoleh pembelajaran yang biasa dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain post test only design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu metode tes, metode dokumentasi, dan metode observasi. Metode tes digunakan untuk mengambil data tentang kemampuan berpikir kreatif. Metode dokumentasi di gunakan untuk memperoleh data nilai ujian matematika semester gasal. Metode observasi digunakan untuk mengamati bagaimana perilaku siswa ketika di sekolah. Instrumen penelitian yang diberikan berupa hasil belajar yang terdiri dari 8 soal bentuk uraian . dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 58,108 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 44. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis statistik. Dari perhitungan tersebut diperoleh nilai thitung 4,7498 kemudian dikonsultasikan pada ttabel 1,665 karena thitung > ttabel maka H1 diterima, artinya terdapat perbedaan antara rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan pendekatan open ended berbantu video interaktif dengan rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan metode lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Berpikir kratif; Media pembelajaran; Video interaktif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:54
Last Modified: 22 May 2021 06:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5111

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics