Efektivititas pembelajaran konstruktivisme terhadap koneksi matematika kelas VIII materi faktorisasi suku aljabar di MTs Madarijul Huda Kembang 2015/2016

Fitriana, Lia (2015) Efektivititas pembelajaran konstruktivisme terhadap koneksi matematika kelas VIII materi faktorisasi suku aljabar di MTs Madarijul Huda Kembang 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511047_Lia_Fitriana]
Preview
Text (SKRIPSI_113511047_Lia_Fitriana)
113511047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (30MB) | Preview

Abstract

National Council of Teacher Mathematic (NCTM) telah menetapkan lima ketrampilan khusus yang harus dikuasai siswa dalam proses pembelajaran matematika yaitu: (1) pemecahan masalah (problem solving); (2) penalaran (reasoning); (3) komunikasi (communication);(4) koneksi (connection); (5) representasi (representation). Melaui ketetapan tersebut bahawa koneksi matematika merupakan salah satu bagian penting yang harus dikuasai siswa dalam belajar matematika.
Koneksi matematika diilhami karena matematika tidak terpartisi dalam berbagai topik yang terpisah melainkan satu kesatuan tentunya sejalan dengan pembelajaran konstruktivisme. Dimana pembelajaran konstruktivisme membangun pengetahuan siswa dengan pengetahuan yang mereka peroleh sebelumnya kemudian mengkaitkannya dengan apa yang didapatkan sekarang untuk memperoleh pengetahuan baru. Sehingga pengetahuan yang didapatkan siswa tidak menjadi bagian terpisah dan saling terkait antara satu dengan lainnya.
Berdasarkan hasil wawancara salah satu guru matematika di MTs Madarijul Huda Kembang bahwa siswa masih kesulitan ketika di hadapkan materi faktorisasi suku aljabar karena kurangnya penguatan pada materi pra-syarat, serta kurangnya pengaitan materi dengan bidang lain, kurangnya media kontekstual, pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa masih terpaku pada rumus yang telah diberikan guru sehingga di perlukan pembelajaran konstruktivisme.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berdesainkan posttest-only control design. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah implementasi pembelajaran konstruktitivisme efektif terhadap koneksi matematika kelas VIII materi faktorisasi suku aljabar di MTs Madarijul Huda Kembang tahun ajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas implementasi pembelajaran konstruktivisme kelas VIII materi faktorisasi suku aljabar di MTs Madarijul Huda Kembang tahun ajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di MTs Madarijul Huda Kembang tahun ajaran 2015/2016 yang terbagi menjadi 5 kelas sebanyak 161 siswa. Pengambilan sampel menggunakan tehnik cluster random sampling. Terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelas di beri tes yang sama dengan menggunakan instrumen yang telah di uji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan tes.
Data tes yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kontrol kemudian di pisah menurut indikator koneksi matematika kemudian di di prosentasekan menurut per indikator, dan hasilnya presentase perbedaan pencapaian koneksi matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat pada indikator pertama sebanyak 19%. Untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh t hitung = 3,605 dan t tabel = 1,671 karena t hitung> t tabel maka H0 di tolak. Artinya rata-rata pembelajaran kelas yang di ajarkan dengan pembelajaran konstruktivisme lebih besar dibandingkan rata-rata kelas dengan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konstruktivisme efektif dari pada pembelajaran konvensional terhadap koneksi matematika kelas VIII materi faktorisasi suku aljabar di MTs Madarijul Huda Kembang Tahun Ajaran 2015/2016, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan pembelajaran konstruktivisme serta menerapkannya pada pembelajaran materi pokok lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; kontruktivisme; Koneksi matematika; Faktorisasi suku aljabar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:28
Last Modified: 22 May 2021 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5117

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics