Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam materi pokok matrik dalam meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas X IPA MA Nahdlatusy Syubban Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015

Haris, Muhammad (2015) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam materi pokok matrik dalam meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas X IPA MA Nahdlatusy Syubban Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511085_Muhammad_Haris]
Preview
Text (SKRIPSI_113511085_Muhammad_Haris)
113511085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peningkatan kemampuan menentukan matrik dengan pendekatan Team Assisted Individualization (TAI) bagi peserta didik kelas X IPA Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kelas X kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar matematika kurang dari KKM. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik rata – rata belum bisa menentukan matrik tidak berani bertanya mengenai materi yang belum dipahami, bermain sendiri, berbicara dengan teman sebelahnya, tidak berani mengemukakan pendapat.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah : apakah penerapan Team Assisted Individualization (TAI) pada materi pokok Matrik dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X IPA di MA Nahdlatusy Syubban tahun pelajaran 2014/2015? .Keberhasilan pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik di setiap siklusnya.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas X IPA MA Nahdlatusy Syubban Sayung Demak dengan jumlah 30 peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode dokumen, observasi, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif serta menghitung rata-rata nilai, persentase keaktifan dan ketuntasan belajar klasikal peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I keaktifan peserta didik 68,63% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,33%. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari pra siklus dengan nilai rata-rata 61,2 dengan ketuntasan belajar klasikal 24,13%, meningkat menjadi 71 dengan ketuntasan belajar klasikal 56,66% pada siklus I, dan pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 73,5 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 86,66%.
Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar, untuk itu pembelajaran tersebut bisa digunakan dalam strategi menyampaikan materi ajar sehingga peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat menjadi motivasi, inovasi dan variasi dalam pembelajaran. Selanjutnya para guru dapat lebih berkreasi dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Team Assisted Individualization (TAI); Hasil belajar; Matematika; Matrik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:07
Last Modified: 22 May 2021 06:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5126

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics