Keefektifan model pembelajaran probing prompting learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs NU 19 Protomulyo Kabupaten Kendal pada materi pokok energi tahun ajaran 2014/2015

Dwi N., Aisyah Puji Astuti (2015) Keefektifan model pembelajaran probing prompting learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs NU 19 Protomulyo Kabupaten Kendal pada materi pokok energi tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113611007.pdf]
Preview
Text
113611007.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran probing prompting learning terhadap hasil belajar siswa materi pokok energi kelas VIII MTs NU 19 Protomulyo Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs NU 19 Protomulyo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terbagi menjadi tiga kelas. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diperoleh adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model pembelajaran probing prompting learning sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes. Metode tes (multiple choice test) digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Data hasil penelitian diuji dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata. Uji hipotesis penelitian ini dengan menggunakan t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 3,875 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel berarti rata-rata hasil belajar fisika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran probing prompting learning lebih tinggi daripada nilai rata-rata pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting e learning pada materi pokok energi efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII semester genap di MTs NU 19 Protomulyo tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Probing prompting; Hasil belajar; Energi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:16
Last Modified: 24 May 2021 05:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5131

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics