Pendidikan Akal dalam Al-Qur’an

Setyabudi, Agus (2012) Pendidikan Akal dalam Al-Qur’an. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 053111310_Coverdll.pdf]
Preview
Text
053111310_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 053111310_Bab1.pdf]
Preview
Text
053111310_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 053111310_Bab2.pdf]
Preview
Text
053111310_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 053111310_Bab3.pdf]
Preview
Text
053111310_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 053111310_Bab4.pdf]
Preview
Text
053111310_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 053111310_Bab5.pdf]
Preview
Text
053111310_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 053111310_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
053111310_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendidikan akal dalam Al-Qur’an. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya fenomena-fenomena mutakhir, yang seiring semakin canggihnya sains dan teknologi, menggiring paradigma manusia kepada kecenderungannya untuk menomor-duakan “Yang Transendental.” Studi ini dimaksudkan untuk menjawab: (1) Bagaimana hakikat akal dalam Al-Qur’an? (2) Bagaimana konsep pendidikan akal yang ada dalam Al-Qur’an?
Kedua permasalahan tersebut dibahas dengan menggunakan metode riset kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan data melalui sumber primer dan sekunder, kemudian dianalisis menggunakan metode maudlu’i sebelum dilanjutkan dengan content analysis.
Kajian ini menunjukkan bahwa hakikat akal dalam Al-Qur’an adalah sebuah potensi untuk berpikir yang dapat mengikat atau menghalangi seseorang terjerumus dalam dosa atau pelanggaran dan kesalahan. Oleh karena itu, pendidikan akal dalam Al-Qur’an dirumuskan sebagai suatu usaha atau upaya untuk mengembangkan dan membina potensi akal dalam berolah pikir agar mencapai kehidupan yang baik dan benar di dunia dan akhirat berdasarkan prinsip keesaan Allah SWT, baik uluhiyah maupun rububiyah. Langkah-langkahnya yaitu mengosongkan akal dari berbagai “kebenaran-kebenaran”, membuka dan membangkitkan semua potensi indera, bersikap kritis, tidak memaksakan potensi akal diluar kemampuannya serta melakukan tindakan koherensi dan korespondensi.
Hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan konfirmasi bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar dan peneliti, serta semua pihak yang berkepentingan terhadap kajian ini, baik dari khalayak umum, maupun lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an; Pendidikan Akal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Dec 2013 04:55
Last Modified: 05 Dec 2013 04:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics