Pengaruh motivasi belajar dan locus of control internal terhadap kompetensi profesional calon guru kimia : studi pada mahasiswa praktik pengalaman lapangan UIN Walisongo Semarang tahun ajaran 2014/2015

Nadiroh, Anita (2015) Pengaruh motivasi belajar dan locus of control internal terhadap kompetensi profesional calon guru kimia : studi pada mahasiswa praktik pengalaman lapangan UIN Walisongo Semarang tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113711021.pdf]
Preview
Text
113711021.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap kompetensi profesional calon guru kimia? (2) Seberapa besar pengaruh locus of control internal terhadap kompetensi profesional calon guru kimia? (3) Seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan locus of control internal terhadap kompetensi profesional calon guru kimia?
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik analisis regresi dua prediktor. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling jenisnya Sampling jenuh dengan jumlah 28 mahasiswa. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket dalam skala psikologi dan dokumentasi.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis product moment dan analisis regresi dua prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar mahasiswa terhadap kompetensi profesional calon guru kimia. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis X1 terhadap Y diketahui bahwa Freg (8,819) ≥ Ftabel ( 3,34) maka signifikan dan sumbangan relatifnya sebesar = 25,3%. (2) Terdapat pengaruh signifikan antara locus of control internal mahasiswa terhadap kompetensi profesional calon guru kimia. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis X2 terhadap Y diketahui Freg (8,432) ≥ Ftabel ( 3,34) dan sumbangan relatifnya sebesar 24,5%. (3) Terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar dan locus of control internal mahasiswa terhadap kompetensi profesional calon guru kimia. Setelah dilakukan uji t diketahui thitung (3,065) ≥ ttabel (2,048) sehingga signifikan. Sementara analisis varian diketahui Fhitung (7,086) ≥ Ftabel (3,34) maka signifikan. Hal ini juga ditunjukkan dengan persamaan garis regresi : dan sumbangan relatif 36,1 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Hj. Malikhatul Hidayah, ST., M. Pd.; Drs. H. Abdul Wahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Guru kimia; Locus of control; Mahasiswa; Praktik Pengalaman Lapangan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 18 Mar 2016 07:48
Last Modified: 20 May 2021 04:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5150

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics