Persepsi siswa mengenai kompetensi guru dalam menanamkan nilai-nilai keislaman untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas X IPA MA Miftahul Huda Kecamatan Tayu Kabupaten Pati tahun 2015

Ni’mah, Lya Fatihatun (2015) Persepsi siswa mengenai kompetensi guru dalam menanamkan nilai-nilai keislaman untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas X IPA MA Miftahul Huda Kecamatan Tayu Kabupaten Pati tahun 2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113811006.pdf]
Preview
Text
113811006.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Persepsi siswa mengenai kompetensi guru dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada mata pelajaran biologi di kelas X IPA MA Miftahul Huda Tayu Pati. (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas X IPA MA Miftahul Huda Tayu Pati. (3) Kompetensi guru dalam menanamkan nilai-nilai keislaman dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas X IPA MA Miftahul Huda Tayu Pati.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan mengadakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa mengenai kompetensi guru dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada mata pelajaran biologi sudah baik. Kompetensi guru dalam menanamkan nilai-nilai keislaman antara lain: membiasakan dalam mengucapkan salam dan berdo’a ketika memulai dan mengakhiri pelajaran, mengintegrasikan ayat-ayat Al-Qur’an dengan materi biologi, menghubungkan pelajaran biologi dengan hakikat penciptaan makhluk Allah SWT, memberikan suri teladan kepada siswa untuk berakhlak/berperilaku yang terpuji seperti berpenampilan sesuai syariat Islam, disiplin, jujur, menjalin kerjasama yang baik, menjauhkan diri dari hal-hal yang dilarang agama seperti minum-minuman keras, narkoba, dan seks bebas. (2) Motivasi belajar siswa kelas X IPA MA Miftahul Huda Tayu Pati sangat tinggi. Siswa mendapatkan dorongan belajar dari guru (motivasi ekstrinsik). Dan siswa juga belajar disertai dengan minat dan perasaan senang dalam dirinya (motivasi intrinsik), sehingga tumbuh semangat, keseriusan dan ketekunan dalam mempelajari ilmu biologi. (3) Kompetensi guru dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada mata pelajaran biologi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, ditandai dengan rasa senang dan antusias siswa ketika mengikuti pembelajaran biologi, sikap hormat siswa terhadap guru biologi, siswa mau mengikuti nasihat-nasihat yang disampaikan guru biologi dan nilai hasil belajar siswa menjadi lebih baik/ meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; Islam dan sains; Motivasi belajar; Biologi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Mar 2016 01:10
Last Modified: 21 May 2021 01:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5164

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics