Analisis kualitas soal try out mandiri mata pelajaran Biologi di MA Hasyim ‘Asyari Jepara tahun pelajaran 2014/2015
Fa’izah, Laela Noor (2015) Analisis kualitas soal try out mandiri mata pelajaran Biologi di MA Hasyim ‘Asyari Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
113811011.pdf - Accepted Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Pendidikan nasional harus selalu dibenahi dan dievaluasi terus menerus untuk mencapai tujuan suatu program pendidikan. Ujian Nasional merupakan bentuk evaluasi pendidikan yang hasilnya nanti akan digunakan sebagai syarat penerimaan ke jenjang berikutnya. Untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi pelaksanaan UN, maka siswa perlu dilatih dahulu. Try out diadakan untuk media latihan siswa sebelum menghadapi UN dan dijadikan sebagai alat ukur untuk mengetahui keberhasilan dari proses belajar. Soal try out dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dengan tepat apabila memiliki kualitas soal yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal try out mata pelajaran Biologi. Soal yang digunakan terdiri dari dua macam paket, yaitu paket A dan paket B. Penelitian ini dilakukan di MA Hasyim ‘Asyari Jepara tahun pelajaran 2014/2015, dengan subyek siswa kelas XII IPA 1 yang berjumlah 36 orang. Pendekatan yang dilakukan untuk menganalisis data adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis validitas isi dengan menelaah kesesuaian soal terhadap kisi-kisi. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis validitas butir, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektifitas pengecoh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh pada paket A memiliki validitas isi baik, validitas butir belum baik, reliabilitas cukup, daya pembeda baik, tingkat kesukaran baik, dan efektifitas pengecoh berfungsi dengan baik, sedangkan pada paket B memiliki validitas isi baik, validitas butir belum baik, reliabilitas rendah, daya pembeda baik, tingkat kesukaran belum baik, dan efektifitas pengecoh berfungsi dengan baik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah kualitas soal paket A tergolong baik, keterandalan cukup dan dapat dijadikan dasar penilaian. Paket soal dapat dimasukkan kedalam bank soal serta dapat digunakan kembali. Kualitas soal paket B tergolong jelek, keterandalan perlu ditinjau ulang. Apabila paket soal ini digunakan kembali, soal perlu direvisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis soal; Kualitas soal; Try out; Evaluasi pembelajaran; Biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 05:39 |
Last Modified: | 20 May 2021 04:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5166 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year