Upaya meningkatkan hasil belajar materi makanan dan minuman yang halal dan haram melalui strategi true or false di kelas V MI Mamba’ul Ulum Mantingan Tahunan Jepara 2014/2015
Fathonah, Siti (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar materi makanan dan minuman yang halal dan haram melalui strategi true or false di kelas V MI Mamba’ul Ulum Mantingan Tahunan Jepara 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911213.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi Kurang kreatifnya guru fiqih di kelas V MI Mamba’ul Ulum Mantingan Tahunan Jepara 2014/2015 selama ini dalam menggali strategi pembelajaran yang bisa dipakai untuk pembelajaran fiqih akan menyebabkan pelaksanaan pembelajaran cenderung monoton siswa, sehingga perlu adanya perubahan paradigma dalam menelaah proses belajar mengajar dan interaksi guru dan siswa, salah satu cara adalah dengan menerapkan strategi strategi true or false dalam proses pembelajaran fiqih di kelas di kelas V MI Mamba’ul Ulum Mantingan Tahunan Jepara 2014/2015.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah strategi true or false dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi makanan dan minuman yang halal dan Haram di kelas V MI Mamba’ul Ulum Mantingan Tahunan Jepara 2014/2015?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi true or false dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi makanan dan minuman yang halal dan Haram di kelas V MI Mamba’ul Ulum Mantingan Tahunan Jepara 2014/2015, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada pra siklus dengan KKM 70 siswa pra siklus hanya ada 11 peserta didik atau 44%, Siklus I 18 peserta didik atau 72% dan pada siklus II sudah mencapai 22 peserta didik atau 88%. Demikian juga dengan keaktifan siswa di mana pada kategori aktif dan aktif sekali juga meningkat persiklus yaitu di siklus I keaktifan siswa ada 14 peserta didik atau 56% dan pada siklus II sudah mencapai 23 peserta didik atau 92%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Makanan dan minuman; Halal dan haram; Metode pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq) 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 08:36 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 03:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5210 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year