Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi “bersuci” melalui penerapan model pembelajaran true or false pada siswa kelas I semester I MI Futuhiyyah 02 Kudu Kota Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Soemarti, Sri (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi “bersuci” melalui penerapan model pembelajaran true or false pada siswa kelas I semester I MI Futuhiyyah 02 Kudu Kota Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123911156.pdf - Accepted Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran True Or False pada kelas I Semester I MI Futuhiyyah 02 Kudu Kota Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimanakah peninkatan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi “Bersuci” melalui penerapan model pembelajaran True Or False pada siswa kelas I Semester I MI Futuhiyyah 02 Kudu Kota Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 ?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran guru dalam pelaksanaan pembelajaran Fiqih melalui model pembelajaran True Or False kelas I di I MI Futuhiyyah 02 Kudu Kota Semarang dan (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran True Or False dalam mata pelajaran Fiqih pada siswa kelas I di MI Futuhiyyah 02 Kudu Kota Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Yaitu penelitian praktis yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah faktual yang dihadapi guru sebagai suatu pencermatan terhadap kegiatan pengelola pembelajaran yang diterapkan di MI Futuhiyyah 02 Kota Semarang kelas I dengan jumlah siswa 30 yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data awal lewat nilai ulangan harian siswa, data prestasi belajar dengan tes objektif yang dilaksanakan di akhir siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan pembelajaran Fiqih menggunakan model pembelajaran True or False materi bersuci berjalan dengan baik, guru telah mempersiapkan sebelumnya rencana pembelajaran yang dimodifikasi dengan alur pembelajaran True Or False dan guru mempersiapkan alat/media kertas pernyataan yang ”Benar” dan ” Salah” , sedangkan murid mengikutinya dengan senang dan tertarik sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. (2) Hasil belajar Fiqih siswa juga mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran True or False. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari data awal sebesar 56.67 % meningkat pada siklus I sebesar 80 %, dan pada siklus II sebesar 93.33%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran True Or False sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; True or False; Hasil elajar; Fiqih; Bersuci |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 08:47 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 10:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5221 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year