Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Haji Wada’ dengan metode jigsaw di kelas V semester II MI Muhammadiyah Sarirejo Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015
Rosyidah, Umi (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Haji Wada’ dengan metode jigsaw di kelas V semester II MI Muhammadiyah Sarirejo Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123911160.pdf - Accepted Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang dianggap sulit dipahami oleh peserta didik sehingga membuat peserta didik tidak menyukai pelajaran SKI dan nilai SKI dibawah KKM, hal ini dikarenakan guru banyak menggunakan metode ceramah. Sehingga guru perlu melakukan pembelajaran aktif yang terpusat pada peserta didik dengan menggunakan metode Jigsaw. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan metode Jigsaw pada mata pelajaran SKI materi haji wada’ di kelas V MI Muhammadiyah Sarirejo Kaliwungu Kendal Tahun pelajaran 2014/ 2015?, 2) Apakah penggunaan metode pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI materi Haji Wada’ di kelas V MI Muhammadiyah Sarirejo Kaliwungu Kendal Tahun pelajaran 2014/ 2015?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan di MI Muhammadiyh Sarirejo Kaliwungu yang sekaligus dijadikan sumber data untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik. Data diperoleh dengan cara studi dokumentasi, observasi, dan tes.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Jigsaw pada pembelajaran SKI materi Haji Wada’ di kelas V semester II MI Muhammadiyah Sarirejo Kaliwungu Kendal Tahun 2014/ 2015 adalah dengan mengelompokkan peserta didik menjadi: a) kelompok asal yang berjumlah 6 kelompok bertugas membaca, memahami, mendiskusikan, dan meringkas materi diskusi, b) kelompok ahli terdiri dari peserta didik perwakilan dari kelompok asal yang bertugas memberikan informasi yang telah di dapat di kelompok asal kepada peserta didik lainnya di kelompok ahli. 2) metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar SKI materi haji wada’ di kelas V semester II MI Muhammadiyah Sarirejo Kaliwungu Kendal Tahun 2015, hal ini terlihat dari hasil belajar siklus I ada 22 peserta didik atau 61 %, dan siklus II ada 30 peserta didik atau 83 % yang nilainya di atas KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Jigsaw; Hasil belajar; Sejarah Kebudayaan Islam; Sejarah untuk pendidikan dasar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 08:50 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 10:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5223 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year