Teknik komunikasi persuasif ustadz Muhammad Nur Maulana dalam acara “Islam Itu Indah” di Trans TV

Muirodah, Muirodah (2015) Teknik komunikasi persuasif ustadz Muhammad Nur Maulana dalam acara “Islam Itu Indah” di Trans TV. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 101211023.pdf]
Preview
Text
101211023.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dakwah berupa ceramah, saat ini tidak hanya dengan menggunakan media tradisional seperti ceramah-ceramah atau pengajian dimasjid-masjid, akan tetapi kini sudah disajikan dengan menggunakan media modern, salah satu media modern saat ini adalah media televisi. Televisi swasta yang memiliki program dakwah berupa ceramah salah satunya adalah Trans TV, dengan program acara “Islam Itu Indah” tayang setiap hari pukul 05.00 WIB. Trans TV menghadirkan Ustadz Muhammad Nur Maulana sebagai pengisi acara. Ustadz Maulana dalam menyampaikan pesan dakwahnya dengan menggunakan bahasa yang ringan sehingga mudah diterima oleh masyarakat. Pesan yang disampaikan juga bersifat persuasif (membujuk).
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana teknik komunikasi persuasif Ustadz Muhammad Nur Maulana dalam acara “Islam Itu Indah” di Trans TV.
Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana teknik komunikasi persuasif Ustadz Muhammad Nur Maulana dalam acara”Islam Itu Indah” di Trans TV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif. Data diperoleh dari dokumentasi untuk memperoleh data tentang dakwah Ustadz Muhammad Nur Maulana. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis diskriptif yang mengacu pada analisis data secara induktif. Berdasarkan data yang telah diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah Ustadz Muhammad Nur Maulana dalam acara “Islam Itu Indah” di Trans TV terdapat lima teknik komunikasi persuasif, yaitu: teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik pay-off, teknik fear-arrausing dan teknik icing. Dari proses penyampaian pesan menggunakan teknik komunikasi persuasif dapat diambil hikmah pelajarannya untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari juga dapat sebagai acuan dalam berdakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Ahmad Anas, M. Ag.; Muhammad Chodzirin, M. Kom.
Uncontrolled Keywords: Teknik komunikasi persuasif; Media dakwah; Dakwah melalui televisi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 05 Apr 2016 08:46
Last Modified: 05 Apr 2016 08:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5275

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics