Citra wanita dalam iklan di televisi (analisis terhadap iklan Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga)

Istiadi, Lilik Nur (2016) Citra wanita dalam iklan di televisi (analisis terhadap iklan Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 111211037.pdf]
Preview
Text
111211037.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam keberhasilan suatu iklan tidak terlepas dari cara atau teknik penyampain pesan dari iklan
itu sendiri. Yang menjadi perumusan masalah dari penelitian ini yaitu
bagaimana citra wanita muslimah dideskripsikan dalam iklan larutan penyegar Cap Kaki Tiga di televisi?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui citra wanita muslimah dideskripsikan dalam iklan Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga di televisi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif,
pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, sedangkan pendekatannya menggunakan semiotika John Fiske. Analisis data dari
penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif
Hasil pembahasan menunjukkan bahwa: Citra wanita
muslimah dideskripsikan dalam dua versi iklan Cap Kaki Tiga yaitu
antara Mamah Dedeh dan Umi Pipik, yaitu: 1. wanita tidak harus selalu bersifat lemah lembut, wanita juga boleh bersifat tegas, misal dalam mengambil suatu keputusan. Bersifat lemah lembut memang yang menjadi ciri karakter wanita muslimah. 2. make up yang berlebihan dari kedua model iklan yaitu Mamah Dedeh dan Umi Pipik jika hanya untuk keseharian dan hanya berada didalam rumah. 3. dari segi kostum juga berlebihan dalam mendeskripsikan terutama yang versi Umi Pipik, kostum yang dipakai Umi Pipik itu terlalu berlebihan untuk dipakai keseharian dan hanya didalam rumah. 4. Wilayah dan tanggungjawab perempuan adalah didalam rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: PEmbimbing: Dr. H. M. Nafis, M. A.; H. M. Alfandi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Citra wanita; Iklan; Iklan di televisi
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Apr 2016 06:31
Last Modified: 06 Apr 2016 06:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5285

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics