Pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di SMP Muhammadiyah 1 Semarang
Farichah, Nisvi Nailil (2015) Pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di SMP Muhammadiyah 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
103111082.pdf - Accepted Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler Baca Tulis Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 1 Semarang. Kajian skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan agama Islam khususnya pendidikan baca tulis Al-Qur’an sebagai dasar pedoman hidup. SMP Muhammadiyah 1 Semarang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler Baca Tulis Al-Qur’an yang tujuannya adalah agar semua peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana pelaksanaan ekstra kurikuler BTQ di SMP Muhammadiyah 1 Semarang? (2) apa faktor penghambat kegiatan ekstra kurikuler BTQ di SMP Muhammadiyah 1 Semarang? (3) bagaimana solusi untuk mengatasi faktor penghambat kegiatan ekstra kurikuler BTQ di SMP Muhammadiyah 1 Semarang?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Semarang. Untuk mendapatkan data diperoleh dari wawancara terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan fenomenologi dan analisis deskriptif.
Kajian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler BTQ di SMP Muhammadiyah 1 Semarang cukup baik. Metode yang digunakan guru pembina dalam proses pembelajarannya yaitu metode Iqro’ serta metode menyimak dan membaca. Dalam kaitannya dengan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap peserta didik serta peran Kepala sekolah dan Guru BTQ dapat memberikan kontribusi yang besar dalam rangka untuk meningkatkan prestasi peserta didik dalam hal Baca Tulis Al-Qur’an dengan tartil serta penulisan ayat-ayat Al-Qur’an agar lebih maksimal. (2) Pada pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler Baca Tulis Al-Qur’an, masih banyak mengalami kendala ataupun hambatan khususnya dari peserta didik. peserta didik mengalami banyak problem, yaitu problem motivasi, guru, metode, waktu, dan lingkungan. Akibatnya, peserta didik kurang maksimal dalam menangkap pelajaran yang diberikan oleh guru pembina. (3) dari banyaknya hambatan yang ada, maka dari pihak sekolah maupun guru selalu mengusahakan yang terbaik untuk menutupi kekurangan tersebut dengan cara selalu menyemangati peserta didik agar tidak patah semangat, serta melakukan pendekatan-pendekatan yang bisa menjadikan peserta didik merasa nyaman dan senang dalam belajar Baca Tulis Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Mustofa, M. Ag.; Dr. Agus Sutiyono, M. Ag., M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan ekstra kurikuler; Baca Tulis Al-Qur'an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 07 Apr 2016 08:26 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 08:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5296 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year