Hubungan antara prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan kepribadian siswa kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Wijaya, Mirza Mahbub (2015) Hubungan antara prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan kepribadian siswa kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113111062.pdf]
Preview
Text
113111062.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hubungan prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan kepribadian siswa kelas VIII. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kepribadian siswa sekarang ini yang semakin tidak terkontrol, menjurus ke arah negatif, sering berlawanan dengan etika dan norma yang ada. Dan apakah ada hubungannya antara prestasi belajar PAI yang diperolehnya dengan kepribadianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang? (2) bagaimana kepribadian siswa kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang ? dan (3) apakah terdapat hubungan antara prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan kepribadian siswa kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terbagi menjadi tiga kelas dengan jumlah siswa 69, karena subyek penelitian kurang dari 100, maka subyek penelitian diambil semua populasi.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode angket. Metode dokumentasi digunakan untuk menjaring data prestasi belajar (variabel X) dengan nilai raport, sedangkan metode angket digunakan untuk menjaring data kepribadian (variabel Y) dari angket yang telah diisi langsung oleh siswa .
Kajian ini menunjukkan bahwa (1) Rata-rata prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII adalah 81,03 dengan kategori baik. (2) Rata-rata nilai angket kepribadian siswa kelas VIII adalah 87,52 dengan kategori baik. (3) Terdapat korelasi yang positif antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan kepribadian siswa di SMP Hasanuddin 6 Semarang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil nilai koefisien korelasi product moment yang di dapat 0,97 lebih besar dari nilai r tabel, baik pada taraf signifikansi 5 % (0,235) maupun pada taraf signifikansi 1 % (0,274). Dengan demikian hipotesis yang diajukan mengatakan bahwa “prestasi belajar PAI mempunyai korelasi positif dengan kepribadian siswa kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abdul Wahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Siswa; Pendidikan agama Islam; Kepribadian siswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Apr 2016 08:37
Last Modified: 07 Apr 2016 08:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5300

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics