Model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran fisika kelas X materi gaya di SMA Semesta Billingual Boarding School Gunung Pati Semarang

Nurfitasari, Nurfitasari (2014) Model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran fisika kelas X materi gaya di SMA Semesta Billingual Boarding School Gunung Pati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 093611025.pdf]
Preview
Text
093611025.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Fisika di SMA SEMESTA. Kajiannya dilatarbelakangi oleh perkembangan intelek peserta didik di SMA SEMESTA yang sangat bagus, ditunjukkan dengan berbagai prestasi yang mampu mereka raih. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Fisika di SMA SEMESTA? (2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Fisika di SMA SEMESTA? (3) Bagaimana evaluasi hasil model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Fisika di SMA SEMESTA? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMA SEMESTA. Sekolah tersebut dijadikan sumber data untuk mendapatkan potret model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Fisika di SMA SEMESTA. Datanya diperoleh dengan observasi, wawancara bebas, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis secara induktif juga menggunakan analisis interaktif antar data. Dengan melalui beberapa proses yang berlangsung secara terus menerus dari data yang diperoleh di lapangan. Kemudian mengalami aktivitas analisis data yaitu dari data reduction (reduksi data), data display (data disajikan), dan verification (data diinterpretasikan dalam bentuk kalimat).
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Setiap tahun guru fisika menyiapkan perencanaan pembelajaran yang terdiri dari Program Tahunan Pembelajaran (PROTA), silabus pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tanpa membuat Program Semester (PROMES). Perencanaan tersebut disiapkan untuk memenuhi kurikulum Nasional Plus yang diterapkan di SMA SEMESTA. Komponen pembelajaran itu harus didiskusikan antara guru fisika satu dengan yang lainnya. Pihak SEMESTA menyebut diskusi ini dengan nama ZUMRE. (2) Pelaksanaan pembelajaran di SMA SEMESTA berlangsung selama 40 menit. Pelaksanaan pembelajaran fisika di SMA SEMESTA dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dilakukan dengan tiga metode, yaitu questioning, discovering (laboratorium activity performed in groups), and cooperative learning (groups share their discoveries on step 2 with the class). (3) Model pembelajaran inkuiri telah berjalan dengan baik di SMA SEMESTA. Penilaian dilakukan berdasarkan tiga aspek. Yaitu aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Penilaian afektif dilakukan oleh guru bersamaan dengan pelaksanaan pembelajaran. Setiap guru memiliki catatan khusus untuk perkembangan kepribadian peserta didik. Biasanya buku itu di isi guru seusai mengajar. Penilaian psikomotorik dilakukan oleh guru SMA SEMESTA tidak jauh berbeda dengan penilaian afektif. Penilaian dilakukan ketika pembelajaran sedang berlangsung. Keaktifan siswa di kelas dan kemampuan siswa merangkai alat-alat percobaan merupakan poin penilaian psikomotorik. Aspek kognitif adalah satu-satunya penilaian yang dilakukan dalam berbagai cara, yaitu: Tes Ujian dari Yayasan Passiad Turki, Tes Ujian dari Dinas Pendidikan Nasional, buku catatan peserta didik yang berisi tugas-tugas yang selama ini diberikan guru mata pelajaran Fisika di SMA SEMESTA. Nilai buku catatan ini memiliki presentase 50% dari aspek penilaian kognitif. Nilai terbesar untuk penilaian kognitif terdapat pada buku catatan. Temuan tersebut memberikan acuan bagi pendidikan di Indonesia dalam memperbaiki sistem pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Fahrurrozi,Joko Budi Poernomo
Uncontrolled Keywords: Inkuiri, fisika, gaya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 06 Apr 2016 04:16
Last Modified: 06 Apr 2016 04:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5307

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics