Pelaksanaan bimbingan dan konseling untuk pengembangan sikap spiritual peserta didik kelas VIII C di SMP H. Isriati Semarang
Dwiyanti, Novia (2015) Pelaksanaan bimbingan dan konseling untuk pengembangan sikap spiritual peserta didik kelas VIII C di SMP H. Isriati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113311017.pdf - Accepted Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai pelaksanaan bimbingan dan konseling untuk pengembangan sikap spiritual peserta didik kelas VIII C di SMP H. Isriati Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh mulai terkikisnya nilai-nilai keimanan dan ketakwaan pada anak usia remaja, ditandai dengan berbagai bentuk kenakalan remaja dan perkelahian antar pelajar termasuk juga seks bebas dikalangan anak usia remaja yang semakin meningkat jumlahnya. Hal ini menunjukkan gejala kurangnya penghayatan terhadap nilai-nilai ketuhanan dan praktik-praktik kehidupan yang tidak didasarkan atas kaidah-kaidah agama. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimanakah pelaksanaan bimbingan dan konseling peserta didik kelas VIII C di SMP H. Isriati Semarang? (2) Bagaimanakah sikap spiritual peserta didik kelas VIII C di SMP H. Isriati Semarang? (3) Bagaimanakah pelaksanaan bimbingan dan konseling untuk pengembangan sikap spiritual peserta didik kelas VIII C di SMP H. Isriati Semarang?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan dan memeroleh informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan bimbingan dan konseling untuk pengembangan sikap spiritual peserta didik kelas VIII C di SMP H. Isriati Semarang. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua datanya dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan /verifikasi data.
Kajian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMP H. Isriati Semarang terutama di kelas VIII C sudah dilaksanakan secara efektif dan efisien sesuai dengan visi dan misi sekolah dengan mengacu kepada program semester dan program tahunan yang telah dibuat berdasarkan identifikasi kebutuhan dan permasalahan peserta didik di SMP H. Isriati Semarang. Sikap-sikap spiritual peserta didik dapat dikembangkan melalui pembiasaan-pembiasaan kegiatan keagamaan di sekolah. Sikap-sikap spiritual peserta didik yang dikembangkan di SMP H. Isriati Semarang, yaitu: Peserta didik dapat mengenal dan merasakan keberadaan Allah, peserta didik dapat mensyukuri nikmat yang telah dikaruniakan Allah, peserta didik dapat mengatasi rasa iri dengan positif, dan peserta didik dapat menanamkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Layanan-layanan bimbingan dan konseling yang diberikan di SMP H. Isriati Semarang untuk pengembangan sikap-sikap spiritual peserta didik kelas VIII C, yaitu : layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan pembelajaran, layanan konseling individu, layanan bimbingan kelompok, dan konseling kelompok
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah, khususnya pada pengembangan sikap spiritual peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Widodo Supriono, M. Ag.; Dr. Musthofa Rahman, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan dan penyuluhan; Bimbingan dan konseling; Sikap spiritual |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 07:53 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 07:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5310 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year