Analisis soal sumatif berdasarkan taksonomi Lorin Anderson dan Kurthwhol mata pelajaran kimia kelas kelas XI IPA semester gasal di SMA Muhammadiyah 2 Cepu tahun pelajaran 2012-2013

Jamilatun, Jamilatun (2014) Analisis soal sumatif berdasarkan taksonomi Lorin Anderson dan Kurthwhol mata pelajaran kimia kelas kelas XI IPA semester gasal di SMA Muhammadiyah 2 Cepu tahun pelajaran 2012-2013. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 093711013.pdf]
Preview
Text
093711013.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisis soal sumatif berdasarkan taksonomi Lorin Anderson di SMA Muhammadiyah 2 Cepu yang bertujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda serta mengetahui tingkatan ranah kognitif. Adapun kualitas soal yang baik dapat dilihat dari validitas logis dan validitas empirisnya. Validitas logis terdiri atas validitas isi dan validitas konstruksi. Sedangkan validitas empiris terdiri atas tingkat kesukaran, daya pembeda, analisis pengecoh dan reliabilitasnya.
Pada penelitian ini menggunakan ITEMAN sebagai program untuk mengolah data secara empiris karena lebih tepat, efektif, dan mudah digunakan yang sesuai dengan teori klasik. ITEMAN merupakan perangkat lunak yang dibuat melalui bahasa pemrograman komputer dan dibuat khusus untuk analisis butir soal dan tes. Hasil analisis kuantitatif pada soal Ujian Akhir Sekolah Kimia pilihan ganda menggunakan program ITEMAN versi 3.0. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa: pada kelas XI IPA 1: reliabilitas 0,771% , daya beda: baik sekali 42,5%, baik 37,5%, cukup 5% jelek 2,5% dan sangat jelek 12,5%. Tingkat kesukaran: sukar 25%, sedang 42,5%, mudah 32,5%. kelas XI IPA 2: reliabilitas 0.627%, daya beda: baik sekali 22,5%, baik 40%, cukup 20%, jelek 2,5% sangat jelek 12,5%. tingkat kesukaran: sukar 17,5 %, sedang 45 %, mudah 37,5% . Daya pengecoh berfungsi pada kelas XI IPA 1: 70% dan kelas IPA 2: 2,75%.
Persentase soal uraian tingkat kesukaran pada soal kelas XI IPA 1: Sukar 25%, sedang 75%, daya beda baik 40%, jelek 20% dan sangat jelek 40%. Pada soal kelas XI IPA 2: tingkat kesukaran, sukar 40%, sedang 60%. Daya beda baik 20%, cukup 40%, dan sangat jelek 40%
Hasil penelitian kualitatif deskriptif Ujian Akhir Sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Cepu memiliki reliabilitas yang tinggi dan validitas yang logis. Adapun hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Blora untuk menganalisis lagi butir soal ujian akhir sekolah dimasa mendatang sehingga dapat dilakukan program yang tepat sasaran. Selain itu bisa menjadi gambaran bagi guru tentang soal ujian akhir sekolah pada tahun yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Nasirudin, Atik Rahmawati
Uncontrolled Keywords: Soal sumatif, taksonomi, Lorin Anderson, Kurthwhol
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 543 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 07 Apr 2016 01:33
Last Modified: 07 Apr 2016 01:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5316

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics