Implementasi pembelajaran inquiry untuk meningkatkan prestasi belajar siswa MTs Muhammadiyah Al-Manar Demak materi “klasifikasi benda” tahun pelajaran 2014/2015

Fahrudin, Fahrudin (2015) Implementasi pembelajaran inquiry untuk meningkatkan prestasi belajar siswa MTs Muhammadiyah Al-Manar Demak materi “klasifikasi benda” tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113611056.pdf]
Preview
Text
113611056.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran IPAdi MTs. Muhammadiyah AL Manar Demak, sampai saat ini masih kurang memuaskan. Hal ini dapat dilihat pada nilai dari ulangan harian siswa masih rendah. Pembelajaran IPA menekankan pemberian pengalaman langsung kepada siswa untuk mengembangkan kompetensinya agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah.
Masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan metode Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep Klasifikasi Benda. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan pemahaman siswa dalam proses belajar mata pelajaran IPA dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Al Manar Demak dengan tercapainya ketuntasan belajar klasikal secara maksimal.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII semester Ganjil MTs.Muhammadiyah Al Manar Demak yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian selama dua siklus. Siklus penelitian ini terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Analisis data yang menjadi dasar dalam setiap siklusnya menunjukkan bahwa rata-rata nilai dan ketuntasan belajar siklus I dan II berturut turut adalah 66 (61%) dan 84 (97%).Hasil tersebut menunjukkan tujuan penelitian telah tercapai, yaitu siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 80 % dari jumlah siswa telah memperoleh nilai 70 ke atas.Hasil kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan pembelajaran IPA dengan metode Pembelajaran Inquiry ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi Benda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Metode pembelajaran; Klasifikasi benda; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 11 Apr 2016 06:34
Last Modified: 24 May 2021 05:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5333

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics