Pengaruh strategi pembelajaran Synergetic Teaching (pengajaran bersinergi) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi kegiatan ekonomi di Indonesia siswa kelas V MI NU ThoriqotusSa’diyah Kudus tahun pelajaran 2013-2014

Ubaidillah, Firman (2014) Pengaruh strategi pembelajaran Synergetic Teaching (pengajaran bersinergi) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi kegiatan ekonomi di Indonesia siswa kelas V MI NU ThoriqotusSa’diyah Kudus tahun pelajaran 2013-2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 093911018.pdf]
Preview
Text
093911018.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh strategi pembelajaran Synergetic Teaching(Pengajaran Bersinergi) terhadap keberhasilan belajar siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah strategi pembelajaran Synergetic Teaching mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dan seberapa besar pengaruh pembelajaran Synergetic Teaching terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V MI Thoriqotus Sa’diyyah Kudus?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bentuk eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu posttest only control group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V MI Thoriqotus Sa’diyyah yang terdiri dari 2 kelas. Kelas V A terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan keas V B terdiri dari 20 siswa sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes (Multiple Choice Test) untuk mendapatkan data hasil belajar siswa dan metode dokumentasi untuk mendapatkan daftar siswa yang termasuk dalam populasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: penerapan strategi pembelajaran Synergetic Teaching memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan perhitungan t-test dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 6,033 dan ttablepadaα = 5% dan dk = (20 + 20 – 2) = 38 di dapat ttable = 1,69. Oleh karena thitung>ttablehal ini menunjukkan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang menggunakan strategi Synergetic Teaching lebih baik daripada hasil pembelajaran konvensional. Berdasarkan dari rata-rata nilai akhir siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimendiperoleh pre-test adalah 57,50 dan Post-test adalah 80,00. Dan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas kontrol, diperoleh Pre-test adalah 53,50 dan Post-test adalah 65,50. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran strategi Synergetic Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V MI ThoriqotusSa’diyah kudus tahun pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam penerapan strategi, metode, model dan media pembelajaran yang baik dan tepat dengan cara yang menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Mustaqim, Ani Hidayati
Uncontrolled Keywords: Synergetic Teaching, Ilmu Pengetahuan Sosial, ekonomi Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 08 Apr 2016 03:20
Last Modified: 08 Apr 2016 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5334

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics