Penanaman karakter Islami melalui program hafalan takhasus di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang tahun ajaran 2015/2016
Ulya, Machya Afiyati (2015) Penanaman karakter Islami melalui program hafalan takhasus di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911025.pdf - Accepted Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penanaman karakter Islami yang dilakukan melalui program hafalan takhasus di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Studi ini dilatarbelakangi oleh kemunduran karakter yang cenderung ke arah negatif, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Melihat kondisi yang demikian, sangat diperlukan upaya untuk menanamkan karakter Islami kepada anak sejak dini. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah penanaman karakter Islami di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang? (2) Bagaimanakah implementasi program hafalan takhasus di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah penelitian kualitataif deskriptif. Tujuan penelitian deskriptif dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya penanaman karakter Islami dan pelaksanaan program hafalan takhasus di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan analisis data dengan verifikasi terhadap data yang telah terkumpul. Verifikasi tersebut dilakukan dengan metode triangulasi. Tujuannya adalah untuk mengecek atau membandingkan keabsahan data tersebut. Setelah itu, data yang sudah terkumpul dan terseleksi dianalisis agar ditemukan makna di balik data tersebut.
Program hafalan takhasus merupakan salah satu bentuk penanaman karakter Islami di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Penanaman karakter Islami dilakukan dengan berbagai metode. Yakni metode penyampaian, pembiasaan, keteladanan, teguran, dan pemberian reward dan punishment. Nilai-nilai karakter Islami yang dapat ditanamkan meliputi karakter religius atau Islami, jujur, rajin, kerja keras, tanggung jawab, gemar membaca, disiplin, mandiri, dan peduli sosial.
Program hafalan takhasus meliputi hafalan al-Qur׳ān (juz ‘amma atau juz 30), hafalan al-Ḥadῑṡ yang sahih dan masyhur, dan doa-doa harian. Program ini dilaksanakan setiap hari, mulai Selasa hingga Sabtu, pada setiap 35 menit jam pertama. Hafalan tiga komponen di atas dilaksanakan dengan cara membaca dan menirukan secara berulang-ulang. Sekian banyak hafalan yang menjadi tanggung jawab peserta didik, disusun secara berjenjang, dibagi-bagi dalam enam kelas. Jadi masing-masing kelas memiliki materi hafalan yang berbeda-beda, namun bersifat kontinuitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Islam; Metode pembelajaran; Hafalan takhasus |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 14 Apr 2016 06:49 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 09:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5353 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year