Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca dongeng menggunakan strategi reading aloud di kelas III MI Al-Hidayah Cepoko Gunung Pati Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Rochsotun, Siti (2015) Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca dongeng menggunakan strategi reading aloud di kelas III MI Al-Hidayah Cepoko Gunung Pati Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123911153.pdf]
Preview
Text
123911153.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi kegiatan pembelajaran membaca dongeng di kelas III MI Al-Hidayah Cepoko Gunung Pati Semarang yang hanya diarahkan pada ceramah dan resitasi membaca, menjadikan siswa jenuh ketika mengikuti proses pembelajaran dan kurang mampu membaca dongeng, dari 6 siswa, hanya 33.3% siswa yang mampu membaca dongeng dengan baik, untuk mengatasi hal tersebut maka perlu mewujudkan pembelajaran aktif seperti reading aloud
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah penerapan strategi reading aloud dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca dongeng di kelas III MI Al-Hidayah Cepoko Gunung Pati Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) Adakah peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca dongeng menggunakan strategi reading aloud di kelas III MI Al-Hidayah Cepoko Gunung Pati Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca dongeng menggunakan strategi reading aloud di kelas III MI Al-Hidayah Cepoko Gunung Pati Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016, hal ini dapat di lihat dari kenaikan nilai kemampuan membaca siswa pada setiap siklusnya, di mana pra siklus siswa yang tuntas ada 2 siswa atau 33.3%, naik pada siklus I menjadi ada 4 siswa atau 66.7%, dan pada siklus II siswa yang tuntas sudah ada 5 siswa atau 83.3%. Hal ini menunjukkan indikator yang ditetapkan yaitu meningkatnya kemampuan membaca siswa yang ditandai rata-rata nilai hasil kuis 80 sebanyak 80% dari jumlah siswa terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Reading Aloud; Membaca dongeng; Bahasa Indonesia untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:29
Last Modified: 13 Dec 2021 10:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5360

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics