Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2013/2014

Sutiyono, Sulis (2014) Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 093911066.pdf]
Preview
Text
093911066.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di MI Darul Ulum tahun pelajaran 2013/2014, meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV di MI Darul Ulum? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV di MI Darul Ulum? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV di MI Darul Ulum? (4) Apa saja faktor yang memengaruhi pelaksanaan pendidikan karakter di MI Darul Ulum?
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV di MI Darul Ulum masih mengikuti pedoman Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang nilai-nilai karakternya diintegrasikan di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Perencanaan ini digunakan guru sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran beserta menanamkan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran. Namun dalam kenyataannya tidak semua guru mampu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan baik, bahkan juga terdapat guru yang tidak membuat RPP dalam melaksanakan pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV di MI Darul Ulum sudah cukup baik, meskipun dalam pelaksanaannya guru kurang begitu memahami teknik menanamkan nilai-nilai karakter. Hal itu terbukti dari metode yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter sangat minim dan monoton. (3) Evaluasi pendidikan karakter mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di MI Darul Ulum belum dilaksanakan. Hal ini diakui oleh kepala sekolah dan guru yang menjadi objek penelitian bahwa evaluasi atau penilaian pendidikan karakter yang hubungannya dengan perkembangan karakter anak belum pernah dilaksanakan. Evaluasi belum dilaksanakan karena pihak sekolah tidak ada tuntutan untuk melaksanakannya dari pemerintah. Jadi dalam hal ini harusnya pemerintah melakukan control terhadap pelaksanaan pendidikan karakter disetiap sekolah, apakah sudah dilaksanakan dengan benar ataukah belum. Evaluasi merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Kita tidak akan mengetahui sejauh mana keberhasilan kita dalam menanamkan nilai-nilai karakter apabila tidak ada evaluasi sebagai acuan. (4) faktor-faktor yang memengaruhi dalam pelaksanaan pembelajaran karakter diantaranya faktor lingkungan, faktor adat kebiasaan, faktor keturunan, faktor insting. Ke empat faktor tersebut mempunyai pengaruh yang berbeda dalam memengaruhi karakter anak. Pelaksanaan pendidikan karakter sangat dipengaruhi oleh ke empat faktor tersebut, karena karakter anak banyak dipengaruhi oleh lingkungan, adat, keturunan, bawaan, yang mana karakter anak dapat memengaruhi mudah atau sulitnya menanamkan karakter di sekolah.
Temuan tersebut memberikan acuan bagi lembaga pendidikan untuk lebih dapat meningkatkan pelaksanaan pendidikan karakter. Kemudian untuk pemerintah, semoga dapat dijadikan keterangan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah jangan hanya dijadikan retorika semata, namun harus ada tindak lanjut yang pasti dan bermanfaat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Mustaqim, Widodo Supriyono
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 323 Civil and political rights
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:31
Last Modified: 12 Apr 2016 07:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5370

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics